Komponen Yang Ada Di Dalam Ponsel Dan Fungsinya

By on June 24, 2013
Komponen-Yang-Ada-Di-Dalam-Ponsel-Dan-Fungsinya-1

Pentingnya Ponsel Saat Ini

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi sedang dalam sebuah fase yang luar biasa cepat. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini dipengaruhi oleh teknologi. Dalam dunia informasi contohnya, cellular phone atau ponsel sangat dibutuhkan, apalagi menyangkut kemampuannya sebagai sebuah sarana komunikasi yang baik. Tidak berhenti sampai situ saja, dunia modern bahkan merubah fungsi utamanya (dari yang tadinya hanya ditujukan untuk kepentingan komunikasi saja) menjadi sebuah sumber hiburan dan sumber informasi.

Tidaklah mengherankan apabila benda kecil dan ringan ini menjadi sebuah bagian penting dalam gaya hidup manusia saat ini. Terlepas dari fakta bahwa benda ini sangat dibutuhkan, penting kiranya apabila anda mengetahui fungsi dan peran dari komponen yang ada di dalam ponsel. Ada puluhan komponen dalam ponsel. Berikut hanya akan dijelaskan beberapa komponen penting dan fungsi kenapa komponen tersebut sangat dibutuhkan.

Macam dan Fungsi Komponen

Komponen-Yang-Ada-Di-Dalam-Ponsel-Dan-Fungsinya-2

Apabila dilihat dari garis besarnya saja, jenis dan tugas dari komponen dalam ponsel dibagi menjadi 3 bagian: komponen processor, komponen input, dan komponen output. Untuk komponen processor sendiri, salah satu komponen yang paling penting adalah Central Processing Unit atau lebih dikenal dengan sebutan CPU. Komponen ini adalah pusat di mana data diolah, yang kemudian akan bertugas untuk memberi instruksi mengenai proses penyimpanan data anda ke dalam memory. Snapdragon 800 adalah salah satu produk terbaru dari komponen ini.

Garis besar tugas dari CPU adalah memberi kontrol kepada semua perangkat yang ada pada suatu ponsel. Komponen ini akan memerintahkan suatu perangkat untuk bekerja sesuai dengan instruksi yang anda mau. Ada pula Random Access Memory atau lebih dikenal dengan sebutan RAM. Komponen ini adalah IC memory. CPU menggunakan RAM untuk menyimpan data-data dan instruksi-instruksi yang dibutuhkan oleh suatu ponsel agar dapat bekerja. Dan RAM bisa dikatakan merupakan komponen yang luar biasa penting. Mengingat apabila pada suatu ketika, aliran listrik yang menuju ke RAM terputus, semua data di dalam RAM akan terhapus atau hilang.

Untuk komponen input, kita memiliki keypad. Keypad memiliki fungsi agar user mampu membuat berbagai macam kombinasi alphanumeric. Lalu ada pula VCO, yang memiliki tugas dalam penerimaan sinyal suatu operator. VCO ini merupakan IC yang sangat penting. Karena apabila ada kerusakan dalam IC, kemungkinan besar proses penerimaan sinyal akan gagal, sehingga komunikasi atau proses berbagi informasi akan terputus.

Untuk komponen output, kita memiliki LCD, yang memiliki fungsi mentransformasi SAN dan SGR signal menjadi tulisan atau bahkan gambar. Dalam dunia modern saat ini, bisa dibilang LCD merupakan komponen output yang paling penting, mengingat kualitas dan resolusi sebuah gambar yang tinggi menjadi suatu hal yang mutlak dan sangat dibutuhkan. Itu tadi beberapa komponen penting dalam ponsel. Semoga bermanfaat.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *