Kill Switch Untuk Melindungi Data Pribadi Dengan Mekanisme Penghancuran Otomatis

By on August 21, 2013
34.-Kill-Switch-Untuk-Melindungi-Data-Pribadi-Dengan-Mekanisme-Penghancuran-Otomatis-02

Keamanan menjadi salah satu faktor terpenting yang kemudian sangat diperhatikan oleh para desainer ataupun pengembang gadget pada produk – produk yang tengah dirancang dan dikembangkan, beberapa ide mengenai keamanan gadget berkembang dengan inspirasi cerita taupun film fiksi yang menggunakan perangkat – perangkat dengan teknologi mutakhir.

Salah satu sumber inspirasi tersebut adalah film Mission Impossible dimana Ethan Hunt yang menjadi tokoh utama selalu menggunakan gadget serta peralatan – peralatan berteknologi tinggi, salah satunya adalah mekanisme tokoh tersebut menerima pesan dalam melaksanakan misi – misinya. Dengan media pengiriman pesan apapun, pesan –  pesan yang disampaikan dan telah dibaca oleh Ethan maka secara otomatis akan menghancurkan diri beberapa detik setelah diterima.

Mekanisme Keamanan Dengan Penghancuran Diri

Ide penggunaan mekanisme penghancuran diri sebagai pilihan untuk menjaga keamanan informasi yang disimpan pada sebuah gadget menjadi salah satu ide yang sepertinya diadopsi oleh Samsung dan LG dengan mengembangkan fitur keamanan dengan mekanisme serupa. Kill Switch merupakan cara mencegah kejahatan dunia maya dengan menggunakan fitur anti pencurian untuk perlindungan keamanan yang berupa mode penghancuran diri sebuah gadget, dengan fitur ini maka seorang pemilik gadget yang berupa smartphone dapat mematikan atau mendisfungsi perangkat yang hilang atau dicuri dari jarak jauh.

Saat Kill Switch diaktifkan dari jauh makan perangkat smartphone yang dicuri akan menjalankan mode brick atau menghancurkan diri secara otomatis baik secara software maupun hardware, dengan demikian maka smartphone yang dicuri tersebut tidak akan dapat digunakan dan hanya akan menjadi barang rongsokan.

Penggunaan Kill Switch Di Korea Selatan

34.-Kill-Switch-Untuk-Melindungi-Data-Pribadi-Dengan-Mekanisme-Penghancuran-Otomatis-01

Sepeti yang dilansir oleh Ubergizmo, Pantech yang juga merupakan produsen perangkat smartphone dari Korea Selatan telah memasang Kill Switch pada smartphone produksi mereka sejak bulan Februari lalu sedangkan Samsung dan LG baru akan memasang Kill Switch pada smartphone produksi mereka pada waktu mendatang, kemungkinan akan dipasangkan di Samsung Galaxy S5. Kebijakan untuk memasang fitur Kill Switch sepertinya akan menjadi sesuatu yang diberlakukan di Korea Selatan dan dapat dilihat dari rencana penggunaan fitur tersebut oleh produsen – produsen smartphone terkemuka dari negara tersebut.

Faktor keamanan data yang tersimpan dalam memori sebuah smartphone menjadi salah satu pertimbangan terpenting mengapa fitur Kill Switch dapat menjadi sesuatu yang sangat berguna dalam melindungi privasi serta keamanan data lain yang tersimpan pada sebuah perangkat smartphone.

Meskipun begitu, Samsung dan LG sepertinya akan memasang fitur anti pencurian dan keamanan data tersebut pada semua produk perangkat smartphone mereka yang diedarkan ke seluruh dunia. Hal ini tentu saja merupakan suatu terobosan yang dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna smartphone agar terhindar dari pencurian informasi serta data pribadi yang tersimpan dalam memori sebuah perangkat smartphone. Keamanan data dan informasi pribadi telah menjadi sesuatu yang diperhatikan oleh produsen perangkat smartphone dan fitur Kill Switch merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *