Kelemahan Klasik Smartphone dan Penyelesaiannya (Part 1)

By on May 16, 2015
1534518layar-pecah780x390

Smartphone merupakan salah satu benda ajaib yang terlahir di dunia modern. Bagaimana tidak, benda kecil ini mampu menunjang segala kebutuhan dan aktivitas penggunanya. Tapi sayangnya, dibalik segala keanginan yang dimilikinya, ternyata smartphone memiliki kelemahan yang cukup mendasar, dan bahkan berpotensi mengganggu kenyamanan para penggunanya.

Dilansir dalam Cnet, kelemahan pertama yang dimiliki oleh samrtphone modern adalah daya tahan fisik yang sangat rendah. Hal ini sangat berbeda dengan ponsel-ponsel di era featured phone, terutama ponsel-ponsel generasi awal. Dengan bodinya yang kebanyakan tebal dan bobot yang berat, ponsel-ponsel ini bahkan masih bisa berfungsi walaupun terjatuh dari ketinggian lebih dari 2 meter.

Hal tersebut tidak lepas dari fiturnya yang sangat terbatas dan penggunaan layar yang masih sangat kecil. Bahkan layar monochrome ponsel tua ini masih dilapis lagi dengan casing yang akan melindungi layar tersebut ketika terjatuh. Bahkan beberapa ponsel, banyak yang terjatuh sampai seluruh casingnya terburai keluar, tapi masih berfungsi dengan normal.

Hal ini jauh berbeda dengan smartphone. Kebanyakan smartphone yang menggunakan bahan kaca atau layar Touchscreen, sangat rawan ketika terjatuh. Hal ini ditambah dengan dimensinya yang tergolong sangat tipis dan casing yang lebih mementingkan penampilan. Jangan heran, ketika ponsel terjatuh dalam posisi vertikal, layar kaca super lebarnya ini akan langsung pecah.

maxresdefault

Walaupun begitu, perbaikan sepertinya terus dilakukan produsen smartphone untuk menutupi kelemahannya ini. bahkan Corning, selaku produsen pelapis layar smartphone yang dikenal dengan produknya Gorilla Glass, menjanjikan jika kedepannya mereka akan menyajikan layar smartphone anti retak lewat Project Phire.

Selain itu, beberapa produsen smartphone pun kini mulai mengembangkan layar smartphone berbahan safir. Tentu saja jika semua itu sudah tersaji kepada pengguna, produk smartphone ini dipastikan akan dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Hal ini tentu saja wajar, mengingat proses produksi dan penelitian untuk mengembangkan kedua bahan anti pecah ini tergolong mahal.

Selain itu, beberapa produk smartphone pun kini telah disematkan beberapa fitur ketahanan lainnya, seperti tahan air hingga pedalaman dan waktu tertentu, tahan lumpur, debu dan lainnya. Produsen yang dikenal selalu menyematkan fitur ini sendiri, salah satunya adalah Sony dengan seri Xperia miliknya.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *