Kejutan Google April Mop: Gmail Blue dan Google Nose

By on April 9, 2013
google-aprilmop-2

google-aprilmop-1

Tanggal 1 April merupakan hari April Mop sedunia dimana pada hari tersebut orang–orang boleh berbohong kepada orang lain. April Mop tahun ini  banyak berita seru yang beredar di publik, tetapi tentu saja berita tersebut hanya berita palsu. Dalam waktu yang spesial tersebut, Google juga tidak mau kalah untuk ikut ber-April Mop ria karena dalam Google April Mop 2013, Google saling ejek satu sama lain dengan Microsoft. Namun, sindiran tersebut tentu saja bukan kenyataan atau hanya sekedar untuk memeriahkan April Mop Saja.

Google Menyindir Windows Blue Lewat Video Gmail Blue

Google April Mop yang dilontarkan untuk Microsoft diperlihatkan melalui video “Gmail Blue.” Pada intinya, video dari Google ini bermaksud untuk menyindir Windows Blue yang akan dirilis oleh Microsoft. Dalam video tersebut Project Manager dari Google, Richard Pargo mengatakan, “Ini adalah Gmail, namun tampilannya terlihat lebih biru.” Lebih lanjut, Pargo juga menjelaskan bahwa “Gmail Blue” merupakan usaha dari Google untuk menciptakan ulang Gmail dan masih mempertahankan bentuknya agar tidak berubah. Maka, jadilah Gmail Blue yang sebenarnya sama saja dengan versi Gmail sebelumnya. Perbedaannya hanya pada tampilannya yang menjadi serba biru mulai dari font tulisan hingga warna tombol.

Pesan dari Pargo yang disampaikan dalam video tersebut hanya bertujuan sebagai ejekan terhadap Microsoft yang saat ini tengah sibuk mempersiapkan sistem operasi Windows 8 atau Windows Blue yang kabarnya akan membawa fitur–fitur terbaru dan memberikan beberapa perubahan pada interface. Tentu saja, video dari Google ini hanya sebuah lelucon April Mop saja karena Gmail sendiri sebenarnya juga tidak mengalami perubahan warna menjadi serba biru.

Lalu, bagaimana pihak Microsoft menanggapi sindiran Google tersebut? Seperti yang dilansir dari The Verge, Microsoft juga sempat memperlihatkan halaman Bing search polos yang mirip dengan Google Search yang lengkap dengan tulisan “Bing” dengan warna-warna yang mirip dengan tampilan Google dan tombol “I’m feeling confused” di bawah kolom pencarian.

google-aprilmop-2

Google Akan Meluncurkan Google Nose

Selain menyindir Microsoft, Google April Mop yang tidak kalah menghebohkan adalah Google akan membuka layanan “Google Nose” mulai 1 April. Google Nose versi beta merupakan aplikasi bagi para pengguna internet untuk mengetahui bagaimana aroma suatu benda hanya dengan mengetik nama benda tersebut melalui pencarian. Layanan terbaru dari Google tersebut diklaim dapat mengirimkan aroma saat pengguna Internet menekan menu “Try Google Nose” dan menekan tombol “smell” di kotak sebelah kanan.

Namun, sekali lagi ini hanyalah gurauan dari Google dalam rangka menyambut April Mop. Dalam “Google Nose”, yang akan didapatkan bukan fitur seperti yang dijanjikan tetapi layanan terbaru Google tersebut hanya akan mengirimkan suara desing dan asap dari monitor Anda. Ketika Anda mengklik menu “need help,” akan akan menemukan kalimat “ ini hari April Mop”. Ada-ada saja dan tak ada habisnya ya segala hal yang dilakukan oleh raksasa teknologi ini.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *