Kejahatan Dunia Maya

By on June 25, 2013
Kejahatan-Dunia-Maya-1

Penggunaan internet sangat meningkat tajam selama lebih dari 10 tahun terakhir. Internet menjadi salah satu sumber informasi utama, hiburan, pengetahuan, dan lain sebagainya. Meningkatnya jumlah pengguna internet juga mengakibatkan meningkatnya aksi kejahatan melalui internet atau lebih sering disebut dengan cyber crime. Jenis dan bentuk cyber crime sangat beragam seperti penipuan, mengambil data pribadi tanpa izin, peretasan email secara illegal, dan lain sebagainya. Kejahatan dunia maya ini pun semakin lama semakin bekembang.

Pengguna internet diminta untuk selalu waspada apabila menggunakan waktu mereka dengan berselancar di internet, untuk itu pemerintah Indonesia baru-baru ini berencana untuk memiliki tentara cyber yang akan bertugas untuk mencegah kejahatan dunia maya. Siapa saja bisa menjadi korban tindak kejahatan dunia maya. Untuk itu setiap pengguna disarankan untuk memproteksi data diri mereka di internet dengan baik sehingga dapat meminimalisir ancaman tindak kejahatan dunia maya.

Email Phishing

Email phishing merupakan salah satu contoh tindak kejahatan dunia maya. Seperti namanya, tindak kejahatan ini dilakukan melalui pesan elektronik atau email. Menurut salah satu perusahaan antivirus ternama di dunia Kapersky, email phishing mendorong seseorang untuk menginstal malware atau virus dan berpotensi membocorkan data pribadi rahasia Anda. Peningkatan kejahatan dunia maya melalui email phishing hingga April 2013 telah menimbulkan korban sebesar 37,3 juta pengguna internet.

Serangan kejahatan dunia maya melalui email phishing juga meningkat hingga 87% dibandingkan dengan tahun lalu. Besarnya angka kejahatan dunia maya memicu kita agar lebih berhati-hati terhadap kejahatan yang berada di sekitar kita terutama melalui dunia maya. Email phishing merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh pelaku kejahatan untuk mengelabui Anda. Selain email phishing, para pelaku kejahatan juga memanfaatkan situs penjualan online, game online, lembaga kredit, lembaga keuangan seperti bank, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Email Phishing

Kejahatan-Dunia-Maya-2

Bagaimana cara kerja sejahatan dunia maya melalui email phishing? Banyak orang awam yang tidak mengetahui tentang penipuan yang dilakukan melalui email. Seringkali pelaku kejahatan memanfaatkan ketidaktahuan pengguna internet dalam menjalankan aksinya. Para pelaku memanfaatkan beberapa situs ternama seperti Yahoo, Google, Amazon, Facebook, dan lainnya untuk mengelabui calon korban. Bila Anda termakan umpan pelaku dan mulai mengikuti langkah-langkah yang ada dalam isi email, maka sangat dimungkinkan data pribadi Anda akan bocor dan ini dimanfaatkan sepenuhnya oleh pelaku kejahatan. Apa sebenarnya tujuan dari email phishing ini?

Tujuan sesungguhnya tak lain dan tak bukan adalah untuk mendapatkan keuntungan secara illegal. Pelaku kejahatan dapat meretas data pribadi Anda melalu email phishing. Data pribadi yang dapat mereka retas dan manfaatkan antara lain pin ATM Anda, nomor kartu kredit, data pribadi, nomor rekening bank, dan data rahasia lainnya. Untuk itu Anda harus semakin meningkatkan keamanan terhadap data pribadi Anda yang berhubungan dengan dunia maya. Waspadalah untuk kebaikan Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *