Kecepatan Internet Indonesia Semakin Meningkat Dan Mendudukkan Indonesia Di Posisi 104 Besar

By on July 28, 2013
1b. Kecepatan Internet Indonesia Semakin Meningkat Dan Mendudukkan Indonesia Di Posisi 104 Besar

Wah, tampaknya Anda harus mulai bangga dengan layanan yang diberikan Indonesia bagi sebagian besar warganya, yah walaupun saat ini hanya masih terbatas pada layanan jaringan internet. Berdasarkan laporan Akami(salah satu perusahaan internet content delivery), seperti dilansir The Next Web, untuk kuartal II tahun 2013 ini, ternyata Indonesia menjadi negara yang menduduki peringkat ke-104 dunia berdasarkan kecepatan internet yang berhasil disediakan bagi para warganya.

Ini tentu saja cukup mengejutkan karena peningkatan kecepatan internet di Indonesia dibanding tahun lalu adalah sebesar 113 persen dan 6.9 persen dari kuartal I tahun ini. Dan dengan hal ini maka bisa dikatakan jika Indonesia mulai berhasil memperbaiki jaringan telekomunikasinya sedikit demi sedikit.

Peningkatan Yang Cukup Signifikan

Bisa kita bayangkan seberapa keras para ahli telekomunikasi dan informatika di Indonesia bekerja untuk memberikan layanan internet yang semakin hari semakin meningkat, walaupun peningkatan tersebut perlahan tetapi tetap pasti. Pada kurun waktu yang tidak begitu lama, Indonesia yang sempat berada dalam daftar negara dengan kecepatan internet rata-rata terendah, khususnya di wilayah Asia Pasifik kemudian mampu menggeser negara-negara Asia seperti Vietnam, Filipina, dan juga India dari kedudukannya. Ini tentu saja pencapaian yang cukup luar biasa mengingat warga Indonesia secara luas baru melek teknologi, khususnya internet, dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Laporan Rinci

Kecepatan Internet Indonesia Semakin Meningkat Dan Mendudukkan Indonesia Di Posisi 104 Besar-1

Laporan Akami, seperti yang kami kutip dari The Next Web, menyebutkan bahwa kecepatan internet di Indonesia pada kuartal II tahun 2013 ini meningkat secara bertahap sebesar 6.9 persen atau 1.5 Megabit per detik (Mbps) dari kecepatan kuartal I awal tahun ini. Ini tentu saja membuat peringkat Indonesia kembali meningkat sehingga berhasil menduduki posisi ke-104 dan menggeser negara-negara seperti Vietnam yang saat ini berada di peringkat 108 (1.5 Mbps), Filipina yang ada di peringkat 109 untuk kuartal II ini (1.4 Mbps), dan juga India yang turun cukup jauh menjadi peringkat 114 (1.3 Mbps).

Tapi walaupun dengan kecepatan internet rata-rata yang semakin meningkat, Indonesia tentu saja masih belum mampu menggeser posisi jawara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Siangapura yang ada di peringkat 70 dan 21. Negara yang masih bercokol di posisi pertama tentu saja adalah Negeri Gingseng, Korea Selatan. Negara yang satu ini selalu berhasil memberikan layanan internet prima bagi para warganya dengan kecepatan rata-rata 14.2 Mbps dan kecepatan internet disana bisa mencapai 44.8 Mbps jika koneksinya dalam performa yang sangat baik.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan laporan pada kuartal pertama tahun ini, kecepatan internet kita berhasil mencapai 12.8 Mbps dalam kondisi dengan koneksi serta performa yang paling tinggi (peak connection speed).

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *