Kecaman Viacom pada YouTube Berbuah Pahit

By on April 23, 2013
youtube-1

youtube-1

Siapakah hari ini yang tidak tahu situs berbagi dan pasang video di internet yang sangat fenomenal? Ya, YouTube memang kini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Berjuta-juta video terdapat di situs ini dan berjuta penggemar di seluruh dunia menonton berbagai video ini setiap harinya secara cuma-cuma alias gratis. Tak ayal YouTube menjadi situs internet yang terlaris di dunia.

Kasus Youtube dan Viacom Berbuntut Panjang

Namun dibalik hingar bingar antusiasme masyarakat dunia terhadap situs brilian ini, Youtube harus berhadapan dengan beberapa pihak yang merasa hak ciptanya atas video atau jenis rekaman lain dilanggar. YouTube yang merupakan anak buah perusahaan ternama Google ini diklaim secara sengaja meloloskan atau menayangkan aneka video yang merupakan hak cipta (copyright) dari Viacom seperti beberapa acara televisi yang dimilikinya.

Kekecewaan Viacom sebenarnya terletak pada komitmen Youtube untuk menghargai hak cipta pihak lain dengan membuat suatu system operasi yang menyaring video yang seharusnya tidak di bebas-unduh kan. Dengan mengajukan tuntutan 1 Miliar Dollar AS, Viacom maju ke meja hijau dengan berbagai tuntutan yang ia ajukan.

Namun kiranya dewi fortuna masih memihak YouTube. Pengadilan negeri di AS mencermati bahwa YouTube memiliki dukungan kuat untuk memasang video dari berbagai pihak. Pasalnya, YouTube telah mengantongi DMCA (Digital Millenium Copyright Act) yang memungkinkannya untuk memasang berbagai video secara bebas.

Dengan kekalahan ini, Viacom tidak menyerah begitu saja. Perjuangan untuk mendapatkan hak dilakukan Viacom mati-matian, termasuk dengan mengajukan banding ke pengadilan AS.

YouTube dan Fakta Menarik

youtube-2

Anda mungkin salah satu penggemar situs ini. Bagaimana tidak? Kita dapat melihat berbagai macam video mulai dari video klip, trailer film terbaru dari mana saja (Hollywood, Bollywood, dan lainnya), video documenter, video pribadi, video lucu, iklan, bahkan tayangan perdana sebuah film. Lebih menariknya lagi, penikmat video YouTube bebas menikmati video di situs ini tanpa dipungut biaya atau repot membuat akun resmi YouTube.

Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai YouTube :

  1. Domain YouTube bertanggal lahir pada tanggal cantik, yaitu hari Valentine 14 Febuari
  2. YouTube diciptakan secara tidak sengaja oleh tiga orang pegawai Paypal yang ingin berbagi video pesta makan malam kepada teman-temannya. Mereka bertiga menganggap pengiriman video lewat email memakan waktu yang lama sehingga dibuatlah YouTube.
  3. Setiap minggunya jumlah video yang diunduh ke YouTube setara dengan 60.000 film.
  4. Video favorit yang paling banyak mendapatkan jumlah penonton adalah video klip Bad Romance dari Lady Gaga.
  5. Michael Jackson merupakan sosok yang paling dicari di YouTube.
  6. Kebanyakan pengunduh video di YouTube berasal dari Amerika dan Inggris.
  7. Jumlah penonton video di YouTube terbanyak adalah Amerika dan Jepang.
  8. YouTube resmi dibeli Google pada tahun 2006 sebesar 1,6 milyar dollar.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *