Kardia Band Ubah Apple Watch Menjadi Elektrokardiogram

By on March 23, 2016
2. Kardia Band Ubah Apple Watch Menjadi Elektrokardiogram 2

Apple Watch menjadi Smartwatch yang cukup laris hingga kini. Alasannya adalah ada banyaknya fungsi dan fitur yang dapat ditemukan didalamnya. Salah satunya adalah adanya fitur kesehatan, seperti aplikasi untuk memonitur denyut jantung penggunanya. Namun, aplikasi ini hanya dapat memberikan fungsi ini secara sederhana, tidak seperti alat elektrokardiogram kelas medis sebenarnya.

Namun, Kardia Band dapat mengubah Apple Watch, menjadi alat elektrokardiogram dengan standar dunia medis. Kardia Band sendiri merupakan alat yang dibuat oleh AliveCor. Perusahaan ini adalah perusahaan yang dikepalai oleh Vic Gundrota, mantan eksekutif di Google. Kardia Band sendiri sudah mendapatkan sertifikasi dan diakui oleh Food and Drug Administration (FDA).

Adanya pengakuan oleh FDA ini dapat menunjukkan bila Kardia Band bukanlah sekedar aksesoris saja. Namun, alat ini benar-benar sebagai alat medis yang dapat digunakan bersama Apple Watch.

Berdasarkan informasi dari Recode.net, yang dirilis pada Senin, 21 Maret 2016, AliveCor membeberkan cara kerja alat ini. Kardia Band akan bekerja merekam detak jantung selama 30 detik, saat diaktifkan pengguna dengan menyentuh sensor pada alat ini.

Alat ini bukan hanya dapat mendeteksi ritme detak jantung dari penggunanya. Alat ini juga dapat mendeteksi munculnya resiko terjadi stroke. Saat mendeteksi kondisi ini, Kardia Band akan mengirimkan pesan pada dokter dengan menggunakan aplikasi pada iPhone yang terintegrasi dengan Apple Watch. Fitur ini juga yang menjadikan alat ini bukan sekedar aksesoris, namun lebih ke alat medis sebenarnya.

Meskipun dikatakan sebagai alat medis sebenarnya, desain dari produk ini terbilang cukup menarik. Penampilannya tidak kaku seperti alat-alat medis pada umumnya. Namun, Anda masih dapat bergaya saat mengenakannya.

Untuk harga, belum ada informasi lebih jelas mengenai harga dari Kardia Band. Pihak FDA yang memberikan persetujuan dari produk ini juga belum mengeluarkan harga pasti dari alat ini. Namun, terdapat produk yang juga merupakan buatan AliveCor yang sudah dapat dibeli untuk digunakan di iPhone yang mempunyai fungsi yang mirip dengan Kardia Band. Produk ini dijual dengan harga US$ 99 atau sekitar Rp. 1,28 juta.

Selain itu, 9to5Mac juga menampilkan informasi mengenai perkiraan harga dari Kardia Band ini. Menurut situs ini, harga dari Kardia Band akan berada di kisaran Rp. 2,5 jutaan. Situs ini juga mengumumkan bila produk ini akan diluncurkan pada musim gugur tahun lalu. Namun, pihak AliveCor sendiri langsung membantah dan mengonfirmasi peluncuran produk ini yang akan dilaksanakan pada akhir musim semi.

Meskipun belum ada informasi lebih jauh mengenai kapan perilisan maupun harga dari Kardia Band, namun Pemerintah AS mengakui hasil deteksi dari alat ini. Mereka menganggap bahwa produk ini benar-benar dapat memberikan data akurat dengan algoritma yang digunakan.

Kardia Band

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *