Jam Tangan Pintar Pebble Siap Hadapi Apple

By on March 5, 2015
3.Jam Tangan Pintar Pebble Siap Hadapi Apple 1

Bulan Maret ini mungkin menjadi salah satu bulan paling penting untuk Apple. Mengapa? Pada bulan Maret ini, majalah Vogue akan menampilkan produk iklan Apple Watch sebanyak 12 halaman. Menurut kabar, Apple harus membayar hingga Rp. 29 miliar untuk iklan produk jam tangan pintar ini.

Penggunaan iklan yang begitu fantastis merupakan salah satu strategi Apple untuk bersaing di pasar jam tangan pintar. Akan tetapi, hal ini tidak dipandang cukup mengkhawatirkan bagi Pebble, salah satu produsen jam tangan pintar.

Menurut CEO Pebble, Eric Migicovsky, produk Apple Watch mempunyai banyak kekurangan. Selain itu, produk yang dibuat oleh Pebble juga tidak membidik pasar yang sama dengan Apple. Jadi, pihaknya tidak akan takut tersaingi meskipun iklan yang digunakan Apple sangat menarik.

Kekurangan atau perbedaan yang dimaksud diatas adalah harga. Migicovsky percaya diri bila produk dari perusahaannya dapat memenangkan persaingan dalam hal ini. Memang, harga satu unit Apple Watch masih belum dirilis secara resmi oleh pihak Apple. Akan tetapi, harga dasar untuk model standar Apple Watch diperkirakan akan mencapai US$ 350.

Harga jam tangan pintar buatan Pebble sendiri berada cukup jauh dibawah harga model standar Apple Watch. Untuk seri Time Steel, yang merupakan seri terbaru Pebble, harga satu unit produk ini dimulai dari US$ 220 hingga US$ 250. Harga yang cukup rendah ini dapat diwujudkan setelah kampanye Pebble di Kickstarter berhasil dan sukses.

Kelebihan lainnya dari jam tangan pintar buatan Pebble terletak pada tali jam. Pebble mendesain agar tali jam buatan mereka dapat mudah untuk diganti. Fitur ini membuat distributor atau pihak ketiga yang ikut mengembangkan jam ini dapat menambah fitur-fitur yang berbeda. Hal ini dapat membuat jam tangan pintar buatan Pebble menjadi lebih berguna dan berfungsi untuk berbagai kondisi.

Meskipun kini ada produk Apple yang dikatakan sebagai pesaing baru Pebble, namun, pihak Pebble belum berencana untuk membuat produk jenis lainnya. Mereka masih fokus pada jam tangan pintar. Migicovsky mengungkapkan perusahaannya saat ini ingin mewujudkan tujuan utama mereka, yaitu membuat jam tangan pintar yang tidak hanya menjadi aksesoris. Pebble ingin agar jam tangan pintar mereka dapat menjadi basis platform komputasi.

Saat ini masih belum dapat dilihat dampak peluncuran Apple Watch terhadap jam tangan buatan Pebble. Namun, menilik dari sejarah pemasaran dan penjualan produk Pebble, maka dapat dipastikan Pebble mempunyai posisi yang aman. Produk ini banyak didukung oleh developer serta mempunyai basis penggemar sendiri.

Akan tetapi, dengan adanya kemampuan Apple untuk melahirkan inovasi dan menjadikannya trendsetter, bukan tidak mungkin Apple Watch akan menjadi raja di pasar jam tangan pintar. Jadi, produk mewah ini layak ditunggu hingga peluncuran resminya.

jam tangan pintar, apple, pebble, smart watch

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *