iStruct Demonstrator, Robot Monyet Penjelajah Bulan

By on July 9, 2013
iStruct-Demonstrator-Robot-Monyet-Penjelajah-Bulan-2

Sejak langkah kecil pertama Neil Armstrong di bulan, yang mana merupakan lompatan besar bagi sejarah umat manusia, bulan telah menjadi obsesi tersendiri bagi masyarakat dunia. Digadang-gadang bisa menjadi sebuah tempat tinggal baru, atau koloni, bagi masyarakat bumi, pengeksplorasian satelite bumi tersebut selalu dilakukan. Namun, sebelum kita memutuskan untuk ikut menapakkan langkah kaki kita di sana, ada baiknya kita menyimak perkembangan para ilmuwan, untuk melihat sejauh mana mereka serius ingin menggarap bulan sebagai salah satu pilihan tempat tinggal baru.

Sekilas Mengenai iStruct Demonstrator

Tidak ingin kalah dengan China, yang sudah menciptakan robot penjelajahnya sendiri, Jerman kini hadir dengan terobosan luar biasa yang menarik. Negara yang berbentuk federal tersebut kini sedang sibuk dengan proyek iStruct Demonstratornya, sebuah robot yang memiliki bentuk seperti kera, dan menurut perkiraan, robot yang mampu memanjat dan berjalan layaknya kera ini akan selesai pada Agustus mendatang.

Robot ini dibesut oleh German Research Centre for Artificial Intelligence atau lebih dikenal dengan DFKI, dan berkolaborasi dengan Universitas Bremen. Lalu apa yang membuat proyek ini terlihat sangat ambisius? Menurut penciptanya, robot ini dikatakan akan mampu melakukan berbagai macam kegiatan di bulan jauh lebih baik daripada robot beroda pada umumnya. Kondisi bulan yang berbatu, berongga dan berat akan dapat dilalui dengan baik oleh robot ini karena kemampuannya untuk berjalan dan memanjat, berbeda dengan robot beroda yang biasanya memiliki masalah dalam kondisi extreme tersebut.

Dengan dilengkapi dengan tulang belakang mekanik, komplit ditambah oleh sepasang kaki dan tangan, robot ini dengan sempurna mampu meniru tingkah laku primata pada umumnya. Dengan kondisi bentuk tubuh inilah, para peniliti mengklaim kondisi bulan akan lebih mudah untuk dieksplorasi, mengingat sikap primata cocok untuk menghadapi berbagai macam rintangan dan daerah berbukit. Karena kondisi medan yang extreme, maka apabila terjatuh, diharapkan robot akan lebih mudah untuk berdiri, dan untungnya, robot ini dapat melakukannya dengan segera.

Mampu Berjalan Dengan Dua Kaki

iStruct-Demonstrator-Robot-Monyet-Penjelajah-Bulan-1

Lebih hebatnya lagi, iStruct Demonstrator juga bisa berjalan dengan kedua kakinya, dan pada saat yang bersamaan mampu mengambil berbagai macam sample yang dibutuhkan. Menurut pembuatnya, robot ini diciptakan agar nantinya, sebuah robot yang memiliki keefektifan dalam bergerak dan mobilitas akan tersedia. Robot ini dibuat dengan banyak sekali sensor. Menurut sang pembuat, ini sangat penting agar persepsi yang tepat dan akurat dapat tersedia, sehingga pada nantinya, proses kerja dalam kondisi lingkungan yang sesungguhnya dapat berjalan tanpa ada gangguan yang berarti.

Walau nampaknya masih butuh waktu yang cukup lama bagi kita untuk benar-benar dapat tinggal di bulan, setidaknya dengan bantuan robot ini, kita mampu melihat kondisi bulan dengan lebih baik lagi. Robot ini dan Catbot, robot penyelamat manusia merupakan 2 robot yang akan memberikan banyak manfaat bagi manusia.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *