Internet Aman untuk Anak-Anak

By on June 8, 2015
2.Internet Aman untuk Anak-Anak1

Internet sudah menjadi konsumsi siapa saja termasuk anak-anak. Anda boleh saja membebaskan anak-anak menggunakan internet. Namun, Anda juga tidak boleh lupa untuk mengontrol dan memastikan bahwa mereka menggunakan internet dengan baik dan aman. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar anak menggunakan internet dengan aman.

Pertama, Anda harus memberitahukan kepada anak Anda bahwa internet tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga negatif. Beritahukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh anak Anda saat berinternet. Kedua, berikan waktu kepada anak untuk berhenti dari aktivitas online mereka. Pada saat itu, Anda harus berbicara dengan mereka.

Ada baiknya Anda bertanya mengenai pengalaman apa saja yang anak Anda dapatkan saat menggunakan internet. Walaupun sepele tetapi hal ini sangat diperlukan guna memastikan bahwa anak Anda tidak dalam kondisi yang tidak baik saat menggunakan internet. Jika ada sesuatu yang tidak beres, Anda bisa langsung menindaklanjuti anak Anda tersebut.

Ketiga, Anda boleh saja membebaskan mereka menggunakan internet namun tetapkan pula aturan. Aturan tersebut terkait dengan apa yang bisa mereka akses dan apa yang tidak bisa mereka akses saat berinternet. Jika harus membuka website-website tertentu diluar aturan, maka perintahkan mereka untuk memberitahu Anda terlebih dahulu.

Internet

Keempat, untuk memudahkan Anda mengontrol aktivitas online anak Anda, gunakan perangkat lunak khusus. Perangkat lunak tersebut adalah Parental Control. Dengan perangkat ini Anda bisa mengatur aktivitas online anak Anda.

Contohnya, Anda bisa membuat batasan mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak, waktu online mereka, dan konten apa yang yang harus ditutup dan diperbolehkan oleh anak-anak. Jika Anda memiliki anak yang berbeda usia, maka gunakan fitur Parental Control yang dapat dikonfigurasi pada komputer yang berbeda-beda.

Ingat! penggunaan internet berbeda untuk anak yang satu dengan anak yang lain termasuk anak dengan usia yang berbeda dan gender yang berbeda pula. Kelima, tentu Anda juga harus melindungi komputer dengan perangkat lunak pelindung untuk internet.

Selain komputer, Anda juga harus sering melihat dan memeriksa smartphone milik mereka jika Anda sudah memberikannya. Smartphone juga sudah dilengkapi dengan perangkat lunak yang mampu membuat Anda lebih mudah dalam mengawasi anak-anak saat mereka menggunakan smartphone. Nantinya, Anda bisa menyaring konten-konten yang tidak pantas untuk anak-anak.

Pada akhirnya, Anda boleh saja memberikan dan mengenalkan perangkat komputer atau smartphone pada buah hati tercinta. Namun, pastikan mereka tidak menggunakannya secara berlebihan. Terlebih lagi, pada usia tertentu Anda masih harus mengawasi mereka khususnya saat menggunakan komputer atau smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir lagi dengan keberadaan smartphone dan internet di tangan anak Anda. Justru mereka dapat mengambil manfaat dari adanya internet tersebut.

Internet

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *