Intel Hadirkan Prosesor Super Kelas Menengah Melalui Apollo Lake

By on April 20, 2016
2. Intel Hadirkan Prosesor Super Kelas Menengah Melalui Apollo Lake 2

Apollo Lake menjadi nama yang dipilih oleh Intel untuk chipset prosesor terbaru mereka. Prosesor ini mereka buat untuk produk kelas menengah. Namun, dari sisi peforma, prosesor ini akan mampu memberikan peforma terbaik dan cepat.

Intel mengumumkan perilisian prosesor untuk kelas menengah ini pada ajang Intel Developer Forum yang digelar di Shenzen beberapa waktu lalu. Prosesor ini dibuat dengan basis prosesor Atom. Penggunaan basis prosesor Atom juga sangat beralasan, karena adanya arsitektur mikro yang bernama Goldmont. Intel mengungkapkan Goldmont merupakan arsitektur mikro yang tepat untuk Apollo Lake karena dapat memberikan peforma yang lebih cepat.

Selain cepat, Apollo Lake juga diklaim Intel akan mempunyai efisiensi daya yang jauh lebih baik. Ditambah lagi, desain dan ukuran prosesor Intel terbaru ini akan jauh lebih ringkas dari seri prosesor Atom sebelumnya. Ukurannya yang ringkas serta kemampuannya menghemat energi lebih baik akan memberikan kebebasan pada pengembang perangkat untuk mendesain produk mereka. Artinya, mereka dapat membuat produk setipis yang mereka inginkan dengan lebih mudah.

Desainnya yang ringkas juga membuat produsen perangkat dapat memotong biaya produksi. Ditambah lagi, didalam Apollo Lake, juga terdapat arsitektur Intel Skylake. Adanya teknologi grafis ini membuat perangkat yang menggunakannya akan dapat menghasilkan peforma visual dengan kualitas tinggi. Teknologi ini juga mendukung untuk pemutaran video dengan kualitas 4K, dan tentunya untuk kebutuhan grafis tingkat tinggi juga, seperti game dan desain.

Apollo Lake yang juga tidak membutuhkan biaya besar, juga memungkinkan pengembang untuk membuat produk dengan harga terjangkau namun berkemampuan tinggi. Salah satu contohnya adalah fitur USB-C yang dapat digunakan dengan prosesor ini.

Saat ini belum ada informasi lebih jelas lagi mengenai fitur-fitur yang didukung oleh prosesor baru ini. Intel juga belum mengungkapkan mengenai spesifikasi dan kemampuan sebenarnya dari prosesor terbaru mereka ini. Informasi mengenai clockspeed, memori, harga dan spesifikasi lainnya masih disimpan rapat oleh Intel.

Namun, bila melihat event yang akan digelar beberapa waktu mendatang, banyak pihak memprediksi bila prosesor ini akan benar-benar diumumkan. Salah satu event yang menjadi kandidat kuat untuk pengumuman lebih detail mengenai Apollo Lake adalah Computex 2016 yang diadakan di Taipei.

Selain itu, Apollo Lake ini juga akan menjadi pembuktian bagi Intel sebagai salah satu perusahaan besar dan pembuat prosesor berkualitas saat ini. Dengan semakin banyaknya perusahaan lain yang mulai mengembangkan produk mereka untuk prosesor berbagai perangkat, hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi Intel.

Dan yang pasti, bila mereka berhasil bukan hanya perusahaan tersebut saja yang diuntungkan. Para pengguna perangkat dengan dana terbatas juga akan mendapatkan berkah. Mereka dan mungkin Anda juga termasuk salah satunya, akan mendapat perangkat dengan prosesor Apollo Lake berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Apollo Lake

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *