Intel dan Google Kerjasama Bikin RealSense

By on September 5, 2015
RealSense

Baru-baru ini, perusahaan Chipset terkemuka di dunia, Intel, mengklaim telah menjalin kerja sama dengan Google untuk mengembangkan teknologi pemetaan tiga dimensi. Dalam hal ini, pihak perusahaan menyatakan jika Intel bertugas untuk menyediakan teknologi RealSense.

Di sisi lain, sebagai partner, Google pun memiliki tugas yang cukup berat, yakni menyediakan teknologi peta 3D yang selama ini sudah dikembangkan lewat Project Tango. Jalinan kerja sama kedua perusahaan ini diumumkan oleh Brian Krzanich, selaku CEO Intel, dalam ajang pameran teknologi Intel Developer Forum yang berlangsung di Moscone Center, San Francisco, Amerika Serikat.

Seperti dilansir dalam Phone Arena, dengan kerja sama tersebut, kedua perusahaan ini nantinya akan menghadirkan teknologi pemetaan 3D ke dalam sebuah perangkat smartphone. Pemetaan ruang dalam bentuk 3D tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat smartphone ukuran 6 inci, dan dilengkapi dengan beberapa kamera tambahan di belakangnya.

Tidak hanya pemetaan tiga dimensi, teknologi RealSense pun digunakan untuk membangun dunia virtual dengan hanya menggunakan smartphone. Tidak hanya ditanamkan ke dalam smartphone, teknologi canggih ini pun akan digunakan Intel untuk mengembangkan robot.

RealSense-technology

Bahkan untuk teknologi RealSense sendiri, pihak Intel mengklaim jika dirinya sudah sanggup menyediakan dukungan untuk sistem operasi terbuka ROS yang banyak digunakan dalam membuat software robot. Dengan perpaduan antara ROS dan RealSense, keduanya akan diprioritaskan untuk mendukung sistem operasi populer, seperti Windows, Mac OS, Linux, atau bahkan Android.

Dengan RealSense, robot bisa memiliki kemampuan pandangan seperti manusia pada umunya, jadi bukan hanya bidang gambar saja, tapi juga kedalaman bidang itu sendiri. Hal ini akan membuka kesempatan bagi para pengembang untuk membuat lebih banyak aplikasi, sekaligus menciptakan atau menyempurnakan yang selama ini belum tersaji secara utuh

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *