Ini Rahasia Di Balik Harga MUrah Gadget Xiaomi

By on June 1, 2015
Xiaomi-Logo

Selama ini, kita mengenal Xiaomi sebagai produsen smartphone yang kerap menghadirkan produk-produk dengan banderol cukup murah, tapi memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Hal inilah yang kemudian menempatkan Xiaomi sebagai produsen smartphone kelas atas, dan bahkan menjadi produsen paling cepat berkembang di guna gadget.

Lantas, apa sih rahasia Xiaomi mampu menghadirkan perangkat kas atas dengan harga murah?

Wakil Presiden Global Xiaomi Hugo Barra, dalam keterangannya ketika berbicara dalam konferensi Code Conference di Amerika Serikat, menyatakan jika pihaknya memiliki hubungan yang baik dengan para pemasok komponennya. Dengan harga komponen yang lebih murah, sangat pantas kalau akhirnya Xiaomi mampu menjual perangkatnya dengan harga bersaing.

Seperti dilansir dalam Cnet, Barra menjelaskan jika sekarang ini Xiaomi sudah tumbuh menjadi salah satu perusahaan teknologi kelas atas. Untuk itu, banyak perusahaan pemasok yang terus berdatangan menawrakan produk-produk mereka, sehingga pihaknya bisa memberikan penawaran khusus untuk menekan harga komponen.

Contohnya saja di sektor prosesor, di mana Chipset buatan Qualcomm dikenal sebagai produk kelas atas yang selalu tersemat dalam gadget premium. Tapi di tangan Xiaomi, Chipset mahal ini bisa menjadi murah. Hal ini tidak lepas dari posisi Xiaomi yang kini sudah menjadi klien ketiga terbesar untuk produk-produk chip Qualcomm.

Selain keuntungan di sektor kedekatan dengan para pemasok komponen, Barra pun menyatakan jika di awal berdirinya Xiaomi, perusahaan ini memiliki komitmen untuk menghadirkan produk terbaik dengan harga yang bersaing. Untuk itu, hal yang pertama dilakukannya adalah, tidak menitik beratkan kepada keuntungan perusahaan.

2. Xiaomi Mi 4i Laris Manis di Indonesia 2

Barra menilai, dengan memberikan pelayanan terlebih dahulu, maka secara otomatis keuntungan pun akan datang. Dan ajaibnya lagi, keuntungan ini akan datang secara kontinu. Hal ini berbeda dengan teknik dagang langsung fokus kepada profit, di mana keuntungan itu akan langsung datang besar, tapi setelah itu masyarakat bosan dan malas dengan pelayannya yang kurang memuaskan.

Lantas, apakah suatu saat nanti Xiaomi akan bermain di kelas harga premium? Menanggapi hal ini, Barra menyatakan jika fokus Xiaomi saat ini hanyalah kepada pemerataan pemasaran saja. dirinya mengaku tidak ingin terfokus menjadi raja Asia saja, tapi lebih itu, Barra ingin pasar Eropa dan Amerika pun bisa mencicipi produk-produk fenomenalnya.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *