Ini Niat Terselubung Internet Gratis Facebook?

By on February 13, 2016
Free Basics1

Dunia sosial media memang sudah dikuasai oleh Facebook. Tapi segala pecapaian yang sangat gemilang ini tidak lantas membuat perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut puas. Hal tergambar dari rencana CEO Facebook tersebut yang menargetkan 5 Miliar pengguna di tahun 2030.

Untuk memuluskan strategi ini, Facebook mencoba untuk menebarkan program internet gratis ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jika dulu namanya Internet.org, sekarang program internet gratis ini mengusung nama Free Basics.

Cara kerja internet gratis dari Facebook ini adalah dengan bekerjasama dengan operator seluler setempat. Di Indoensia sendiri, Free Basics sudah tersedia dan bisa digunakan oleh seluruh pengguna facebook tanpa harus mengeluarkan kuota internet.

Walaupun begitu, layanan ini tenryata menuai kontroversi, salah satu masalah pertama adalah net neutrality atau netralitas internet, di mana konsep penyedia layanan internet harus memperlakukan semua website secara sama.

Tapi tidak demikian dengan Free Basics milik Facebook, dimana layanan ini hanya menyediakan ratusan situs untuk diakses gratis, dimana didalamnya termasuk Facebook. Jelas ini merugikan untuk beberapa pemilik situs popler di negara tersebut.

Hal inilah yang kemudian membuat pemerintah India berinisiatif untuk memblokir layanan Free Basics, dengan menganggap layanan tersebut telah melanggar prinsip net neutrality. Dalam keterangannya, otoritas telekomunikasi India menyatakan jika operator tidak boleh mengatur akses internet dengan cara menyediakan internet gratis hanya untuk website tertentu saja.

Seperti dilansir dalam New York Time, Nikhil Pahwa, selaku jurnalis berpengaruh di India, menyatakan jika Free Basic yang digagas Facebook ini tidak serta merta memberikan layanan yang benar-benar gratis. Justru sebaliknya, Facebook dinilai telah memanfaatkan keluguan masyarakat yang tertarik dengan iming-iming gratis.

Free Basics

Dan memang istilah Tidak ada Makan Siang Gatis berlaku di sini, dimana banyak analis yang menduga jika tujuan Facebook menebar Free Basics bukan semata-mata karena amal, tapi bertujuan untuk melancarkan tujuan bisnis Facebook jangka panjang.

Dengan kata lain, lewat Free Basic, Facebook akan mengundang lebih banyak penggguna. Alhasil mereka pun akan lebih cepat mendapatkan target 5 Milyar pengguna, dan secara otomatis ini akan mengundang para pengiklan datang ke Facebook.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *