Ingin Tahu Cara Mesin Pencari Google Bekerja?

By on June 3, 2013
Ingin-Tahu-Cara-Mesin-Pencari-Google-Bekerja-1

Pernahkan Anda penasaran bagaimana mesin pencari Google bisa memberikan referensi website yang Anda inginkan? Kita semua yang sempat mengamati dan memikirkan hal itu, tentu tidak terbayang betapa rumitnya pekerjaan mesin pencari Google, mengingat di dunia maya terdapat hingga puluhan triliun halaman situs internet. Bagi kita semua yang masih bertanya-tanya bagaimana hal itu bisa dilakukan, kini kita bisa mempelajarinya dengan cukup jelas di sebuah halaman situs yang dibuat oleh Google.

Baru-baru ini Google, yang belum lama ini meluncurkan aplikasi messenger pesaing WhatsApp, telah meluncurkan situs baru yang diberi nama How Search Works yang menampilkan penjelasan secara cukup detail kepada para pengguna yang penasaran ingin mengetahui bagaimana mesin pencari Google bekerja. Untuk memberikan gambaran mengenai isi dari situs tersebut, berikut ini adalah rangkumannya.

Tahapan Cara Kerja Mesin Pencari Google

Halaman situs How Search Works berisi keterangan dan juga ilustrasi grafik menarik yang menjelaskan tentang tahapan-tahapan yang dilakukan mesin pencari Google dalam bekerja menyediakan referensi halaman situs yang dicari oleh para pengguna. Dengan menambahkan gambaran berupa animasi di situs tersebut, Google mampu membuat penjelasan tentang serangkaian proses rumit yang dilakukan oleh mesin pencari menjadi sesuatu yang cukup mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh semua orang.

Pada intinya, ada tiga tahapan yang dilalui oleh mesin pencari google dalam bekerja. Tahapan yang pertama adalah Crawling & Indexing. Pada tahap ini, Google mulai melakukan proses pencarian melalui sekitar tiga puluh triliun situs internet yang ada dengan menggunakan kata-kata yang dituliskan oleh para pengguna di kolom pencarian. Selanjutnya kata-kata itu dibuatkan indeks melalui proses indexing.

Kemudian, tahapan selanjutnya yaitu Algoritma. Ini adalah tahapan yang super rumit, dimana Google harus memilih-milih isi situs yang paling sesuai yang diinginkan oleh para pengguna. Setelah proses ini selesai, maka Google akan menayangkan hasil pencariannya kepada para pengguna. Hebatnya, kedua tahapan yang rumit tersebut bisa diselesaikan oleh mesin pencari Google dalam waktu 1/8 detik saja.

Lalu tahapan yang ketiga adalah Fighting Spam. Tahapan ini dilakukan untuk menyaring isi situs yang berisikan pesan-pesan sampah (spams) sehingga tidak akan ditampilkan untuk para pengguna. Dengan begitu, para pengguna dapat lebih nyaman dalam menggunakan layanan Google ini.

Kredibilitas Mesin Pencari Google

Ingin-Tahu-Cara-Mesin-Pencari-Google-Bekerja-2

Dengan adanya situs How Search Works, kita jadi bisa memahami bagaimana cara kerja mesin pencari di dunia maya. Akan tetapi dari sisi lain, situs tersebut sebenarnya juga menunjukan kredibilitas Google sebagai sebuah mesin pencari terpercaya. Kita lihat saja bagaimana Google menjelaskan cara kerja mereka dalam melawan spams, yang secara tidak langsung menunjukan komitmen mereka untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna. Bagi Anda yang sudah cukup penasaran untuk melihat penjelasan yang disajikan secara menarik di situs tersebut, Anda bisa langsung mengunjunginya di halaman http://www.google.com/insidesearch/howsearchworks/thestory/.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *