Ingin Damai, Samsung Siap Beri Ganti Rugi Pada Apple

By on December 7, 2015
2. Apple Tak Bisa Move On dari Samsung hingga 2016 2

Sudah cukup lama Samsung dan Apple bertikai mengenai sengketa hak paten di pengadilan negeri Amerika Serikat. Dan sekarang, sepertinya pertempuran selama 5 tahu terakhir ini akan segera berakhir dengan kesediaan Samsung untuk membayar USD 548 juta atau setara dengan Rp 7,5 triliun kepada Apple sebagai jalan damai atas sengketa paten yang membelitnya.

Seperti dilansir dalam The Verge, raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut berjanji akan melunaskan pembayaran royalti tersebut selambat-lambatnya pada 14 Desember 2015 mendatang. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperbaiki hubungannya dengan Apple yang terus memanas hingga kini.

Dengan mendapatkan dana segar ratusan juta dollar AS, sudah tentu bisa dimaknai sebagai kemenangan besar Apple. Walaupun begitu, sepertinya Samsung sendiri tidak sepenuhnya mengalah. Pabrikan smartphone ini dikabarkan sudah menyiapkan strategi khusus untuk menyerap duit balik dari Apple.

Secara khusus, Samsung meminta wewenang penuh atas paten yang dipermasalahkan supaya bisa menerima pemasukan yang besar dari Apple. Selama ini, syarat tersebut sudah diajukan pihak Samsung kepada pihak pengadilan Amerika Serikat. Sayang, untuk permintaan jalan damai ini, pihak Apple masih belum menyepakatinya.

Seperti kita ketahui, Apple pertama kali melayangkan gugatannya kepada Samsung pada musim semi 2011 silam, di mana perusahaan ini menuntut Samsung karena menilai beberapa paten yang dimilikinya telah dilanggar Samsung, terutama untuk fitur laptop to zoom serta gestur multitouch.

2. Apple Tak Bisa Move On dari Samsung hingga 2016 1

Awalnya, perusahaan ini meminta ganti rugi kepada seharga USD 2,5 miliar. Setelah itu, angka tersbeut berangsur menurun hingga angka USD 1 miliar, kemudian turun lagi USD 930 juta, sampai akhirnya angka yang diminta berakhir di angka USD 548 juta. Jumlah inilah yang kemudian disepakati Samsung, dengan syarat yang disebutkan di atas.

Bagaimana menurut anda, kira-kira Samsung dan Apple akan segera berdamai dengan uang ganti rugi tersebut atau justru ini akan membawa konflik baru? Kita lihat saja nanti!

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *