Indonesia akan Memiliki Tentara Cyber

By on May 29, 2013
Indonesia-akan-Memiliki-Tentara-Cyber-1

Kejahatan cyber memang semakin meresahkan. Tingginya tingkat penggunaan internet juga menjadi salah satu faktor tumbuhnya kejahatan di dunia maya. Mungkin kejahatan di dunia maya tidak tampak terlalu mematikan seperti di dunia nyata. Akan tetapi kerugian yang diakibatkannya bisa sangat besar, seperti kejadian beberapa waktu lalau ketika situs Telkom diserang oleh hacker hmei7. Bagi perusahaan berbasis IT, ini adalah masalah yang serius. Karena itu mereka tidak segan-segan mengeluarkan banyak biaya untuk mengamankan asset mereka dari tangan-tangan jahil para cracker.

Namun bagaimana dengan nasib para pengguna internet lainnya? Mereka tentu juga membutuhkan perlindungan. Meski dunia maya dianggap sebagai dunia yang bebas dan tanpa hukum yang tertulis, namun zona ini juga perlu diamankan dari tindak kriminal yang bisa merugikan banyak pihak. Karena itulah beberapa Negara maju sudah membangun tim khusus yang menangani masalah ini. Menariknya lagi kini Indonesia juga akan membangun tentara cyber.

Tentara Cyber akan Dibangun Melalui Kementerian Pertahanan

Salah satu tugas kementerian pertahanan adalah menjaga keutuhan NKRI. Mengingat perkembangan dunia yang saat ini juga mengacu pada perkembangan dunia maya, maka penting untuk menjaga keutuhan NKRI di dunia maya. Salah satu cara yang sedang diupayakan oleh pemerintah Indonesia itu adalah dengan membangun pasukan tentara cyber.

Serangan cyber yang menyerang Indonesia memang kerap terjadi. Bahkan tiga pekan yang lalu situs Kementerian Pertahanan sempat diretas oleh seorang cracker yang hingga kini masih belum diketahui identitasnya. Karena tidak ingin jadi sasaran serangan para cracker yang tidak bertanggung jawab, maka pemerintah harus mengambil sikap tegas. Untuk itulah muncul wacana untuk memperkuat pertahanan cybernya.

Saat ini Indonesia memang masih belum memiliki Undang-Undang khusus cyber defense. Untuk saat ini Indonesia masih menggunakan UU ITE. Untuk memperkuat barisan pertahanan Indonesia guna mempertahankan keutuhan NKRI di dunia maya, maka aturan terkait dengan cyber defense harus segera direalisasikan. Ini adalah satu langkah yang harus segera diambil oleh pemerintah.

Urgensi Pembentukan Undang-Undang Cyber Defense

Indonesia-akan-Memiliki-Tentara-Cyber-2

Tingkat urgensi pembentukan Undang-Undang cyber defense memang sangat tinggi. Jika terlalu lama ditunda maka pemerintah Indonesia akan semakin tertinggal dan akan terasa semakin sulit untuk mempertahankan dirinya sendiri. Setelah Undang-Undang terkait dengan cyber defense sudah ada, maka tentara cyber sudah bisa dibentuk. Tentara ini mirip seperti tentara di dunia nyata. Hanya saja mereka dibekali kemampuan khusus terkait dengan seluk beluk dunia maya.

Jika ada serangan di dunia maya, maka tentara ini bisa menjadi barisan depan dalam menangkis atau bahkan membalas serangan. Sebenarnya tentara cyber ini bukanlah ide baru. China dan Amerika Serikat juga sudah memiliki tentara khusus yang menangani masalah ini. Bahkan tentara ini juga telah mengemban misi khusus kenegaraan. Sayangnya belum ada kepastian mengenai kapan tentara ini akan dibentuk. Bahkan sayangnya lagi tentara tersebut tidak akan mungkin terbentuk dalam waktu 3 tahun ini.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *