Handphone dengan Fitur Kamera Pertama

By on July 27, 2013
66. Handphone dengan Fitur Kamera Pertama_1

Saat ini memang sudah masanya smartphone. Akan tetapi smartphone tidak akan pernah ada sebelum adanya handphone. Dari waktu ke waktu teknologi handphone semakin berkembang dan semakin kaya akan fitur. Dari sinilah fitur-fitur canggih seperti fitur kamera akhirnya ada.

Pada zaman dahulu kamera hanya didesain dengan fungsi standard yakni fungsi pengiriman pesan singkat dan fungsi panggilan telepon. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pengguna menginginkan perangkat telepon yang juga mampu memberikan fitur pengambilan gambar. Sejak saat itulah handphone dengan fitur kamera mulai dikembangkan.

Handphone Kamera Generasi Pertama

Saat pertama kali muncul, handphone kamera tidak memiliki resolusi kamera sebesar saat ini. Resolusi kamera yang dimiliki masih sangat terbatas. Konsep handphone kamera pertama mulai muncul pada tahun 1993. Akan tetapi ponsel ini masih berupa prototype dan belum dijual ke khalayak umum.

Ponsel kamera komersial pertama baru muncul pada tahun 1997. Ponsel berkamera pertama tersebut bernama J-SHO4 atau J-Phone yang dikeluarkan oleh Sharp. Namun ponsel tersebut baru hadir di tengah-tengah pasar pada tahun 2001 dan baru dijual di pasar Jepang saja. Kamera ini masih memiliki kamera yang sangat rendah yakni sebesar 110.000 pixel CMOS dengan 256 display warna.

Setelah Sharp, Casio juga turut mengembangkan handphone kamera namun kali ini Casio berusaha untuk menawarkan kemampuan kamera yang lebih baik dari ponsel kamera generasi pertama. Ponsel kamera pertama ini bernama Casio A5401CA. Pada ponsel ini Casio telah menanamkan fitur kamera beresolusi 1 MP. Selain itu handphone tersebut juga telah memiliki kemampuan 8 kali digital zoom.

Pada zamannya ponsel besutan Casio ini cukup populer. Bahkan untuk memberikan pilihan yang lebih beragam Casio mengeluarkan ponsel ini dalam tiga pilihan warna yang berbeda.

Handphone Kamera dengan Resolusi 1,3 MP Pertama

66.Handphone dengan Fitur Kamera Pertama_2

Semakin hari kemampuan kamera ponsel memang semakin ditingkatkan. Namun gebrakan ponsel kamera beresolusi tinggi diawali oleh Sony Ericsson dengan mengeluarkan ponsel beresolusi 1,3 MP. Pada saat itu kamera 1,3 MP bukanlah resolusi kamera yang kecil. Bahkan untuk memberikan fitur ini Sony Ericsson harus membuat desain handphone sehingga tampak seperti kamera pocket yang saat ini ada.

Ponsel kamera pertama dari Sony Ericsson tersebut diberi nama Sony Ericsson S700. Selain menawarkan resolusi kamera yang tinggi pada kala itu, Sony Ericsson S700 juga menawarkan beberapa fitur kamera yang menarik. Beberapa fitur kamera yang telah tertanam pada handphone ini diantaranya adalah burst mode, night vision, self timer, special effect dan white balance. Namun selain hadir dengan spesifikasi kamera yang canggih handphone ini ternyata juga hadir dengan desain yang cantik dengan layar 2,3 inch beresolusi 240 x 320 pixel.

Dimulai dari handphone-handphone diataslah handphone kamera beresolusi tinggi berawal. Bahkan kini kemampuan kamera handphone dibuat semakin canggih bahkan dibuat hampir menyamai kemampuan kamera pocket.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *