Google dan Verizon Berebut Unit Binis Web Yahoo

By on April 9, 2016
Webcam Yahoo di sadap

Diakhir bulan Maret 2016 kemarin, Yahoo mengumumkan jika mereka akan menjual unit bisnis web mereka, lengkap dengan beberapa aset pentingnya. Untuk anda yang berinat, pihak Yahoo meminta untuk segera mengajukan penawaran sebelum tanggal 11 April 2016 besok.

Terkait kabar ini, seperti dilansir dalam Bloomberg, smapai saat ini sudah ada dua raksasa yang sudah mulai melirik bisnis web Yahoo, salah satunya adalah Google yang akan bersaing ketat dengan operator telekomunikasi asal Amerika Serikat, Verizon.

Berdasarkan keterangan sumber internal Google, menyatakan jika perusahaannya kini sedang mempertimbangkan untuk mengajukan penawaran terkait pembelian unit binis Web Yahoo. Sedangkan Verizon sudah lebih dulu melangkah dengan status siap mengajukan penawaran.

Mengenai nilai tawaran dari Google, sumber internal tersebut tidak mau menyebutkannya. Sedangkan menurut beberapa rumor, Verizon justru lebih berani dengan menaksir nilai core business Yahoo tersebut sebesar USD 8 miliar.

Seperti kita ketahui, sinyal ketertarikan Verizon untuk mengakuisisi bisnis Yahoo ini sudah terlihat sejak Desember tahun lalu, dimana CFO Fran Sammo menyatakan jika pihaknya sudah memiliki rencana terkait sektor bisnis Yahoo, dari mulai layanan News, Mail, Sports hingga teknologi periklanan.

Selain Verizon dan Google, ternyata masih ada calon pembeli potensial lainnya, termasuk operator telekomunikasi AT&T serta Comcast. Bahkan yang cukup mengejutkan, Microsoft pun dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memberikan penawaran terkait pembelian unit bisnis Yahoo.

Seperti kita ketahui, unit bisnis web Yahoo belakangan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Bahkan di tahun 2016 ini, para analis sempat menyatakan jika pendapatan yahoo akan menurun lebih dari 20 persen. Bahkan tahun ini disebut merupakan tahun terburuk bagi Yahoo.

5. Kejutan Apa Lagi yang akan Diberikan Boss Cantik Yahoo 2

Penurunan ini pun terlihat dari mulai harga saham Yahoo yang tercatat mengalami penurunan 12 persen. Hal ini semakin diperparah dengan upaya yang diakukan Marissa Mayer, sebagai CEO Yahoo terbaru, untuk menjadi dewi penyelamat Yahoo dimasa depan.

Jadi menurut anda, siapakah yang akan memiliki unit binis Yahoo dimasa depan?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *