Gadget Tanpa Kabel Dari Intel

By on June 10, 2014
2. Gadget Tanpa Kabel Dari Intel 2

Salah satu masalah yang sering Anda hadapi saat membawa perangkat Anda ke mana-mana adalah masalah kabel, baik itu kabel charger, kabel data, dan kabel earphone Anda. Belum lagi jika Anda harus berhadapan dengan desktop komputer yang mempunyai banyak sekali kabel penghubung. Permasalahan kabel memang tak jarang menjadi problem yang membuat kita kadang malas, namun untunglah Intel mempunyai solusinya agar tercipta gadget tanpa kabel.

Intel dalam acara Computex 2014 di Taiwan beberapa hari yang lalu mengungkapkan solusi untuk mengatasi benda malang melintang yang bikin repot tersebut. Disebutkan intel telah menunjukkan konsep dunia komputer dan gadget di masa depan. Salah satu hal yang ditekankan oleh intel adalah masalah wireless charging alias pengisian ulang baterai tanpa kabel. Intel mengklaim bahwa mereka telah menemukan teknologi yang memungkinkan penghilangan kabel dari perangkat charger yang menghubungkan charger dengan perangkat gadget.

Intel bekerja sama dengan organisasi A4WP (Alliance for Wireless Power) untuk mengembangkan teknologi wireless charging tersebut dengan memanfaatkan teknologi magnetic resonance. Teknologi baru ini adalah sebuah teknik yang berbeda daro teknik konduksi saat ini yang bisa mengirimkan daya listrik dengan bersentuhan langsung satu sama lain. Wireless charging tidak membutuhkan kontak langsung bahkan penghambat setebal 2 inci tidak akan berpengaruh para transfer daya yang dilakukan.

Untuk memproduksi gadget tanpa kabel di masa depan, intel mengatakan magnetik resonance mampu memancarkan gelombang yang cukup kuat dan mampu menembus bahan lain. Intel yang diwakili oleh Skaugen, salah satu eksekutif di Intel memberikan contoh sebuah alat kecil yang berbentuk “tikar” yang disembunyikan dibawah meja dan segala macam perangkat elektronik bisa diisi baterainya dengan hanya diletakkan diatas meja tersebut tanpa harus bersentuhan dengan “tikar” pengisi baterai tersebut.

Skaugen juga mengatakan bahwa gadget tanpa kabel di masa depan tidak terbatas pada smartphone atau tablet saja. Ia memperkirakan bahwa di masa depan laptop, komputer, dan semua wearable device akan mempergunakan teknologi wireless charging dan bisa disi secara bersamaan tanpa harus menunggu antrian colokan kabel atau USB. Yang lebih menarik, alat wireless charging ini bisa diletakkan dimana saja, baik dikantor-kantor, di rumah, maupun di tempat-tempat umum.

Yang masih menjadi kendala saat ini adalah pengembangan alat khusus yang harus ditanam pada baterai atau gadget sehingga baterai bisa diisi secara nirkabel dengan cepat. Untuk memulai penggunaan teknologi ini, Intel akan mulai menerapkan teknologi ini pada beberapa perangkat produksinya yaitu setelah generasi prosesor Broadwell yang berarti dimulai pada generasi prosesor Skylake. Produk-produk nirkabel dari Intel yang lain adalah kamera 3D dan WiGig yang mampu mentransfer file besar dengan cepat tanpa kabel.

gadget, intel, gadget intel, teknologi

BACA JUGA:

LG Smart Lamps – Lampu Pintar Yang Bisa Diatur Dengan Ponsel

Aplikasi MP3JAM Untuk Download Jutaan Lagu Gratis Di Internet

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *