Fitur-Fitur Praktis Windows 8 yang Tersembunyi

By on June 3, 2013
Fitur-Fitur-Praktis-Windows-8-yang-Tersembunyi-2

Sistem operasi Windows 8 memang mempunyai perbedaan yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan sistem operasi Windows sebelumnya. Salah satu perbedaan yang mencolok terletak pada halaman Start Screen, yang pastinya akan terasa asing bagi para pengguna yang telah terbiasa dengan versi Windows sebelumnya. Windows 8 ini memang dirancang secara lebih mendetail untuk memanjakan para pengguna gadget dengan LCD layar sentuh. Jadi sangat wajar apabila dirasa ada perbedaan yang cukup signifikan yang kadang justru membingungkan.

Akan tetapi Anda semua yang baru saja meng-upgrade ataupun yang berniat hendak meng-upgrade sistem operasi Windows Anda dengan Windows 8 tidak perlu khawatir karena sistem operasi yang baru ini cukup mudah untuk dipelajari. Hanya akan diperlukan beberapa waktu saja untuk membuat Anda terbiasa mengoperasikannya. Untuk mempermudah proses pengenalan Anda dengan sistem operasi ini, berikut kami sajikan beberapa fitur praktis yang tersembunyi di dalam Windows 8 yang bisa menjadi jalan keluar atas kesulitan-kesulitan yang umum dialami oleh para pengguna baru.

Beberapa Kesulitan yang Umum Dialami Pengguna Baru

Kebanyakan pengguna baru Windows 8 akan kesulitan mencari menu aplikasi seperti yang ada di Start Menu Windows versi sebelumnya, karena Windows 8 menampilkan Start Screen dengan format yang sama sekali berbeda. Kemudian, biasanya para pengguna baru juga mengalami kendala saat ingin mematikan gadget berbasis Windows 8 mereka secara cepat dan praktis. Pada umumnya yang mereka lakukan adalah harus sign out terlebih dahulu lewat Start Screen, baru kemudian bisa melakukan shut down. Proses ini dinilai berbelit-belit dan para pengguna jadi memerlukan waktu lebih lama. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, inilah jalan keluarnya.

5 Fitur Tersembunyi

Fitur-Fitur-Praktis-Windows-8-yang-Tersembunyi-1

Fitur tersembunyi yang pertama yaitu Start Menu Rahasia. Para pengguna bisa dengan mudah menemukan menu aplikasi seperti control panel, task manager, command prompt, dan lain-lain dengan cara menekan klik kanan mouse pada bagian pojok kiri bawah layar.

Kemudian fitur tersembunyi yang kedua yaitu Sinkronisasi Akun Pengguna. Fitur ini bisa diakses dengan menjalankan “Settings”, kemudian pilih “Change PC Settings”, lalu buka “Sync Your Settings”. Dengan fitur tersebut, kita bisa mengakses data pada Outlook/ Hotmail, SkyDrive, Xbox, dan program-program berbasis Cloud yang lain.

Fitur tersembunyi ketiga yaitu Windows Defender. Fitur ini akan berjalan secara otomatis untuk melindungi para pengguna apabila mereka belum memasang program anti virus. Fitur ini mirip dengan Microsoft Security Essential, namun Windows Defender memiliki kemampuan untuk menangkal spyware ataupun virus.

Fitur tersembunyi keempat yaitu mematikan komputer dengan praktis dan cepat. Untuk melakukannya, kita harus menutup terlebih dahulu semua jendela (windows) di halaman desktop, kemudian tekan [Alt] dan [F4] secara bersama-sama. Lalu kita bisa langsung memilih Shut Down untuk mematikan komputer.

Fitur tersembunyi yang terakhir adalah Screenshot Praktis. Para pengguna Windows 8 bisa mengambil gambar screen mereka secara praktis, yaitu dengan menekan tombol [Windows] dan [Print Screen] bersamaan. Gambar akan langsung tersimpan di Pictures Library dengan format PNG.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *