Fakta Unik Facebook yang Jarang Diketahui

By on June 7, 2013
Fakta-Unik-Facebook-yang-Jarang-Diketahui-1

Siapa yang tidak kenal Facebook? Salah satu jejaring sosial ini masih menjadi raksasa di dunia maya. Meskipun banyak pesaing berat yang terus bermunculan, namun Facebook tetap perkasa menunjukan taringnya. Pesona Facebook ternyata masih sangat besar. Hal ini terbukti karena Presiden Indonesia, SBY, yang juga sempat dikabarkan akan mendaftarkan dirinya di jejaring yang satu ini. Facebook juga memiliki fakta-fakta unik yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Penasaran? Berikut enam fakta unik tentang Facebook.

Putus Cinta? Sudah Biasa

Facebook adalah tempat favorit banyak orang untuk memutuskan cintanya. Layaknya sebuah tempat percomblangan, banyak pasangan yang terpaksa mengakhiri hubungannya di Facebook. Jadi, bagi Anda yang merasa kesulitan ingin memutuskan hubungan dengan kekasih di dunia nyata, bisa melakukannya dengan mudah di Facebook. Sebuah survey telah dilakukan untuk mendukung fakta ini. Survey dilakukan dengan sampel 1000 pengguna aktif Facebook. Sebanyak 25% pengguna mengaku bahwa pernah diputuskan oleh kekasihnya di Facebook.

Kejadian putus cinta di Facebok ternyata tidak hanya terjadi pada mereka yang masih pacaran. Banyak pasangan suami istri yang terpaksa harus kandas hubungannya hanya gara-gara Facebook. Facebook digunakan sebagai media untuk selingkuh maupun berhubungan kembali dengan pacar lama. Survey yang dilakukan oleh lembaga hukum di Inggris menyebutkan bahwa 33% penyebab perceraian adalah Facebook.

Facebook ternyata juga berpengaruh terhadap keberlangsungan suatu negara. Hal ini ditunjukan dengan negara Islandia yang menulis ulang konstitusi negaranya di Facebook. Ada beberapa perubahan yang dituliskan oleh pemerintahnya di sini. Hal ini bisa terjadi karena Facebook dianggap sebagai wadah yang tepat untuk menampung berbagai aspirasi dan saran dari rakyat secara langsung, mengingat hampir dua pertiga populasi di Islandia telah tergabung di Facebook.

Pengguna Facebook pasti tahu kalau warna dasar Facebook adalah biru. Ternyata ada alasan dibalik pemilihan warna biru ini. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg adalah penderita buta warna. Ya, Zuckerberg tidak bisa membedakan warna merah dan hijau sehingga baginya, biru adalah warna yang paling mudah dilihat. Selain itu, biru juga dianggap warna yang bersih dan simpel.

Ajang Prostitusi

Fakta-Unik-Facebook-yang-Jarang-Diketahui-2

Dibalik manfaatnya dalam memberi kemudahan dalam berkomunikasi antar anggota, ternyata Facebook juga dijadikan sebagai ajang prostitusi. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor di Columbia University. Dia mengatakan bahwa kurang lebih 83% pelaku prostitusi di Amerika Serikat sudah terdaftar sebagai member Facebook. Mereka menggunakan Facebook untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Sebagaimana layaknya website lain di dunia maya, Facebook juga cukup rentan untuk dihack oleh para peretas. Oleh karena itu, Facebook mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan hadiah sebesar USD 500 bagi siapa saja yang berhasil meretas ke situs Facebook dan langsung melaporkannya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *