Facebook Siap Pancarkan Layanan WiFi Berkecepatan Super?

By on April 18, 2016
1.Facebook Kembangkan Teknologi Milimeter Wave Untuk Hadirkan Internet Gratis.2

Saat ini Facebook sedang menggarapa sebuah proyek Terragraph untuk memancarkan WiFi dengan kecepatan super tinggi. Nantinya, jaringan nirkabel tersebut akan membentang di suatu wilayah padat penduduk dengan keceatan sampai dengan 2,1 Gbps.

Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, raksasa media sosial tersebut menggunakan teknologi WiGig dalam frekuensi 60 GHz. Untuk saat ini, WiFi berkecepatan tinggi tersebut masih dalam tahap uji coba di markas Facebook, dan rencananya akan dibawa ke San Jose.

Dalam keterangannya, Neeraj Choubey, selaku Product Manager Facebook, menyatakan jika pihaknya hingga saat ini sudah selesai menguji WiFi berkecepatan 1,05 Gbps bidirectional dalam mode peer to peer  dengan jarak 250 meter.

Dengan kata lain, Neeraj menyatakan jika proyek ini akan mampu menangani trafik smapai dengan 8,4 Gbps per paket, dengan asumsi satu paket terdiri dari 4 sektor. Bahkan dalam prakteknya, Neeraj menyatakan jika kecepatannya bisa meningkat hingga 12,8 Gbps di masa depan.

Teknologi WiGig sendiri hadir dengan mengusung frekuensi yang lebih tinggi ketimbang WiFi untuk menghasilkan kecepatan transfer data sangat tinggi. Biasanya, teknologi ini digunakan oleh dua perangkat yang berada dalam satu ruangan karena tidak bisa menembus tembok.

Uniknya lagi, seperti dilansir dalam Ars Technica, proyek Terragraph ini punya cara yang cukup berbeda untuk mendapatkan kecepatan maksimal, dimana teknologi WiGig tersebut telah dimodifikasi dan diberi tambahan antena untuk bisa memancarkan sinyal memutari gedung tinggi.

5.Agar Koneksi WiFi Tak Lagi Lambat1

Dihindari banyak negara

Teknologi WiGig sendiri sebenarnya bukan teknologi baru, bahkan kebanyakan negara justru menghindari pemanfaatan spektrum frekuensi 60 GHz ini karena dinilai sukar menembus dinding atau gedung. Hanya saja, tentu saja Facebook memiliki pertimbangan tersendiri kenapa memilih WiGig.

Lantas, kemana sajakah WiFi berkecepatan super versi Facebook ini akan disebar? Hingga saat ini belum ada bocoran mengenai hal tersebut. hanya saja, kuat dugaan jika teknologi ini akan bisa dinikmati oleh negara-negara dengan jumlah pengguna layanan Facebook terbanya di Dunia.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *