FaceBook Akan Punya Search Engine Baru

By on May 25, 2015
2. FaceBook Akan Punya Search Engine Baru 1

Jika Anda hendak mencari suatu hal seperti berita, informasi lowongan kerja, gambar dan hal-hal lain yang berkaitan dengan internet maka sebuah search engine adalah andalan Anda untuk menemukan hal tersebut. Search engine seperti Google, Bing, Yahoo dan banyak lagi mempunyai database dan juga kode-kode untuk mencari apa yang Anda inginkan secara cepat dengan memanfaatkan suatu kata kunci  yang berhubungan. Misalnya Anda ingin mencari informasi mengenai mobil sport, maka cukup tuliskan di search engine kata-kata seperti “mobil sport” atau “sport car” maka hasil pencarian yang terpampang adalah informasi tentang mobil sport seperti Ferrari, Jaguar, Lambhorghini, dan banyak lagi.

FaceBook saat ini juga mencoba untuk membuat sebuah search engine baru untuk para pengguna FaceBook. Pembuatan ini didasarkan pada kesulitan pengguna unhtuk membagikan link pada platform lain dan perangkat lain. Selama ini untuk membagikan link Anda harus berganti dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain, meng-copy dan kemudian paste link tersebut. Hal seperti ini sangat merepotkan.

FaceBook melihat banyak orang yang membagikan link di FaceBook namun kesulitan karena mereka harus menyalinnya terlebih dahulu.Kesulitan tersebut bertambah kala Anda ingin membagikan link melalui smartphone yang tak ada mouse atau keyboardnya. Untuk itu FaceBook berinisiatif untuk menyediakan sebuah search engine untuk meningkatkan orang yang berbagi link di FaceBook.

FaceBook saat ini sedang dalam tahap pengujian untuk search engine yang mampu mencari sebuah keyword  yang pernah diposting di FaceBook. Sebenarnya mesin pencari yang serupa sudah digelar FaceBook yang fungsinya mencari sebuah keyword dari postingan timeline teman di FaceBook. Jadi yang dicari adalah status atau komen yang diposting oleh teman dan mengandung keyword yang dimaksudkan.

Search engine FaceBook yang baru ini akan mencari link dan ada pilihan “add a link” untuk menambahkan sebuah tautan kepada gambar atau status tertentu. Dengan mesin pencari ini maka pengguna  tak perlu repot copy dan paste link karena dengan keyword tertentu akan muncul beberapa pilihan link yang sekiranya sesuai dengan apa yang hendak Anda posting di timeline FaceBook.

FaceBook akan secara otomatis menampilkan link tersebut dan Anda tinggam memilih saja. Mesin pencari buatan FaceBook ini nantinya akan bermanfaatkan jika Anda hendak mencari suatu link berita yang Anda ketinggalan untuk membacanya, atau sebuah link video yang sedang menjadi trending topik di dunia maya. Semuanya bisa Anda cari dengan mudah, bahkan jika Anda hendak membagikan link tersebut maka Anda hanya cukup mengingat judul atau sebagian keyword dari link tersebut. Kita tunggu saja update FaceBook mengenai search engine yang saat ini masih dalam taraf pengujian tersebut.

Search Engine

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *