Dyson Jual Kipas Angin Senyap Tanpa Bilah di Indonesia

By on December 9, 2015
Dyson-Air-Multiplier-yatzer-7

Para insinyur yang tergabung dalam perusahaan teknologi rumah asal Inggris, Dyson, baru-baru ini berhasil menciptakan sebuah kipas angin dengan nama Dyson Cool. Kipas angin ini sendiri hadir untuk mengatasi masalah klasik kipas angin konvensional yang cenderung bising dan memiliki kekuatan hembusan angin yang relatif kecil.

Uniknya lagi, Dyson sendiri justru mendesain kipas anginnya ini tanpa menggunakan bilah kipas. Kipas angin ini sendiri berbentuk unik dengan desain ulang aliran udara untuk memperkuat teknologi air multiplier sebagai fondasi awal penghasil kesejukan. Lantas, dari mana kipas angin ini memperoleh udara?

Jia Min Tan, selaku Dyson Acoustic and Vibration Analysis Engineer, menyatakan jika rahasia kipas angin Dyson ini sendiri terletak di bagian rongga yang di dalamnya bersemayam mesin penghisap yang senyap. Nantinya, udara akan dihisap kemudian akan langsung didistribusikan ke saluran melingkar di atasnya.

Selain itu, rahasia lainnya yang dimiliki kipas angin Dyson ini adalah kemampuan motor penghisap udara buatan Dyson yang kecil, tapi memiliki tenaga hisap yang sangat kuat. Bahkan rotasi kipasnya sendiri bisa mencapai 110.000 RPM, jauh lebih kencang dari putaran mesin balap F1 yang hanya 15.000 RPM.

Lantas, bagaimana cara Dyson mengeliminir suara bising?

Untuk menghasilkan teknologi ini, Dyson secara khusus menggandeng insinyur akustik yang bernama Jean-Baptiste Blanc. Dengan menggunakan teknologi rongga Helmholtz, nantinya aliran udara yang dihasilkan kipas akan diperangkap dalam sebuah rongga mengubah amplitudo, dan hasilnya gelombang suara yang dihasilkan akan lebih selaras tanpa turbulensi.

Dyson Fan

Kipas angin tanpa bilah ini sendiri dikabarkan akan mulai dipasarkan di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2016 mendatang. Untuk saat ini, Dyson sendiri sudah membuka Concept Store di Jakarta sebagai ujung tombak distribusi produk-produk terbarunya.

Kalau anda sudah tidak sabar menunggu Concept Store tersebut dibuka, anda pun bisa mendapatkan kipas angin ini di beberapa gerai elektronik modern di Indonesia. walaupun begitu, untuk sementara pastinya distribusi kipas angin Dyson ini masih sangat terbatas.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *