Cukup Berkedip Foto Tercipta Dengan Lensa Kontak Google

By on April 19, 2014
2. Cukup Berkedip Foto Tercipta Dengan Lensa Kontak Google  1

Kemajuan teknologi memang gila-gilaan, belum genap seminggu Google meluncurkan Google Glass, perusahaan teknologi raksasa ini berencana akan mengembangkan lensa kontak Google yang berkemampuan seperti Google Glass namun lebih canggih. Inilah salah satu proyek aneh yang saat ini sedang dikerjakan oleh Google setelah mereka berhasil dengan proyek kacamata pintarnya.

Proyek lensa kontak Google yang diberi nama proyek ‘Moonshot’ ini sempat tersiar ke media karena Google telah memasukkan blueprint produk yang ia buat kedalam dokumen aplikasi paten dan kemudian di terbitkan oleh Time. Proyek yang luar biasa ini, Google mempergunakan sensor jenis terbaru yang disematkan pada sepasang lensa kontak. Sensor jenis terbaru tersebut ditempelkan pada permukaan lensa kontak dan akan mendeteksi hal-hal yang berkaitan dengan fungsi mata.

Cara kerja lensa kontak Google ini adalah dengan mengenali cahaya, pola warna, obyek, dan wajah orang yang berada di depan pengguna lensa kontak buatan Google ini. Pada permukaan lensa kontak ini juga dibenamkan kamera kecil yang mampu menangkap gambar dengan kualitas yang baik. Untuk mengambil gambar dengan lensa kontak buatan Google ini maka Anda cukup mengedipkan mata dan kamera pada lensa kontak ini langsung mengambil gambar.

lensa kotak google, lensa kotak, google, teknologi, google glass

Teknologi yang dipergunakan dalam teknologi ini adalah rangkaian komponen yang dibenamkan pada bawah pupil lensa sehingga lensa tersebut ikut bergerak bersama mata dan tidak menghalangi pandangan mata. Kompopnen pada lensa kontak ini dikendalikan dengan cara mengetahui kadar air mata atau kekeringan bola mata dan secara otomatis setelah mata berkedip kamera ini menangkap gambar benda-benda didepanya.

Yang lebih menggembirakan akan datangnya produk teknologi lensa kontak dari Google ini adalah kegunaan lensa ini untuk membantu para tuna netra untuk ‘melihat’ benda-benda yang ada disekitar mereka. Jika seorang tuna netra memakai lensa kontak ini dan kemudian berjalan mendekati perempatan, maka lensa kontak buatan google ini akan memproses data visual dari kamera dan mendeteksi datangkan kendaraan yang mendekat kepada pengguna. Dengan begitu maka pengguna yang tuna netra tersebut bisa diberi peringatan dini agar berhati-hati sehingga resiko kecelakaan atau tuna netra salah jalan bisa dikurangi secara maksimal.

Lensa kontak Google ini juga telah dilengkapi dengan teknologi wireless yang bisa membuat lensa kontak teknologi tinggi ini terhubung dengan gadget smartphone. Namun saat ini belum ada aplikasi yang bisa didownload untuk menjalankan kontak lensa cerdas ini dengan mempergunakan smartphone. Memang saat ini lensa kontak ini masih dalam taraf konsep namun tidak terlepas kemungkinan bawa teknologi ini akan menjadi kenyataan, apalagi Google pada Januari yang lalu telah memperkenalkan Contact Lens pemindai air mata, teknologi utama yang akan dipergunakan pada kontal lensa cerdas buatan Google.

lensa kotak google, lensa kotak, google, teknologi, google glass

BACA JUGA:

LG Smart Lamps – Lampu Pintar Yang Bisa Diatur Dengan Ponsel

Jam Tangan Bradley Timepiece – Jam Tunanetra

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *