China, Sang Raja Spam Dunia

By on August 15, 2013
12.China,-Sang-Raja-Spam-Dunia

Peringkat Nomor Satu Spammer Dunia

China masih menduduki tahta raja pengirim spam dan merupakan pengirim aktif saat ini. Walaupun persentase tahun ini sedikit berubah dari tahun sebelumnya, dengan penurunan 1,2% untuk China, 0,9% untuk Amerika Serikat dan juga 3% untuk Korea Selatan, kursi spammer, yang kini mulai incar Tumblr, tertinggi masih belum dilepas oleh Negara dengan mayoritas penduduk terbesar tersebut.

Diambil dari catatan yang dimiliki oleh Kaspersky Lab, kebanyakan email spam yang dikirim memiliki jumlah ukuran yang relatif kecil, yaitu di bawah 1 Kb. Kuartal kedua diikuti dengan ukuran spam berukuran kecil yang nak 4.8% dan menyumbang lebih dari 73,8% dari semua email spam yang ada.

Untuk lampiran-lampiran berbahaya sendiri turun sebesar 1% dibandingkan dengan kuartal pertama. Dan hanya berkutat di angka 2,3 % dari seluruh email spam yang ada.

Ancaman-ancaman yang disebar pun bervariasi. Yang paling dominan adalah email-email yang didesain agar mampu mencuri data yang biasanya akan digunakan untuk mengakses akun dari pengguna. Username dan password bagi layanan perbankan online biasanya menjadi target utama.

Target Phishing Berubah

12.China,-Sang-Raja-Spam-Dunia-2

Dalam kuartal kedua kali ini, terlihat jelas perubahan perusahaan yang menjadi sasaran dari serangan phishing tersebut. Serangan ke jejaring sosial turun drastis sebesar 3,3%, sementara perusahaan financial mendapatkan serangan belebih dengan angka serangan naik sekitar 1,2%.

Akhir-akhir ini, para pengirim phishing yang lebih dikenal dengan sebutan phisher, mulai bekerja dengan cara yang berbeda. Mereka tidak lagi menunggu para pengguna untuk memasukkan data secara manual, melainkan mereka mengirimkan email yang berisi virus Trojan berbahaya yang akan mencuri password dan username dari korban. Dan sasaran utama mereka adalah akun perbankan online.

Lebih berbahaya lagi, lampiran-lampiran tersebut tidak hanya ditemukan pada surel yang berbentuk formulir isian layanan online, tetapi tidak jarang email-email tersebut memiliki bentuk yang sama dengan dengan email-email resmi keluaran bank-bank tertentu.

Para phisher juga menjadi lebih kreatif. Email berbahaya akan disamarkan sehinga menyerupai bentuk notifikasi dari layanan online terkenal. Dan apabila Anda tidak berhati-hati, tautan di dalamnya bisa membawa Anda langsung menuju situs-situs yang berbahaya.

Spyware dalam lampiran spam membuat sebuah trend yang sangat tidak diharapkan. Nampaknya, para pelaku phishing tidak henti-hentinya ingin mencari dan mencuri data personal berupa akun dan password yang dimiliki oleh para korban yang memiliki transaksi perbankan online dan sering melakukan sistem pembayaran.

Walaupun antivirus sudah semakin canggih saat ini, namun akan lebih baik apabila Anda juga semakin berhati-hati dalam membuka email-email yang mencurigakan. Jangan membuka tautan dari orang-orang yang tidak Anda kenal karena sekarang masih banyak virus yang sering menjangkiti komputer Windows. Selalu waspada terhadap phishing dan email-email di folder spam Anda dan tentunya ini semua untuk kebaikan aktifitas perbankan online Anda sendiri.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *