Catbot, Robot Penyelamat Manusia

By on July 1, 2013
Catbot-Robot-Penyelamat-Manusia-2

Teknologi berkembang dengan sangat pesat. Untuk saat ini teknologi yang paling sering disorot mungkin beru sebatas teknologi komputer dan gadget saja. Namun teknologi robot juga semakin berkembang, salah satu buktinya belum lama ini hadir handphone pembaca suara hati. Bahkan kini banyak teknologi robot baik yang sudah ada di pasaran maupun teknologi robot yang masih dalam tahap pengembangan. Salah satu robot yang cukup menarik adalah catbot. Sesuai dengan namanya, pembuatan robot ini sebenarnya terinspirasi dari kucing. Struktur tubuh kucing dengan empat kaki tampak jelas pada desain catbot ini. Bahkan kinerja empat kakinya juga dibuat mirip seperti pada kucing asli.

Robot Kucing Canggih

Desain catbot ini memang menyerupai kucing. Dengan empat kaki dan mekanisme gerakan kaki yang menyerupai kucing, catbot ini tampaknya akan menjadi generasi terbaru dalam dunia robotik. Saat ini memang sudah ada beberapa jenis robot yang memiliki empat kaki seperti catbot. Ada yang berbentuk anjing ada juga yang berbentuk kucing. Akan tetapi jika dilihat dari mekanisme pergerakan kaki-kakinya, robot-robot yang ada saat ini masih tampak belum natural dan lambat. Tampaknya inilah yang ingin diubah melalui catbot ini.

Saat ini robot kucing ini tengah dirancang di sebuah laboratorium milik Ecole Polythechnique Federale de Lausanne. Tujuan utama penelitian ini sebenarnya untuk mengembangkan teknologi robotik terutama dalam bidang biomekanik. Melalui penelitian ini, harapannya teknologi biomekanik masa depan akan jauh lebih baik, terutama pada desain kaki. Dengan desain yang dikembangkan melalui catbot ini, peneliti ingin membuat robot yang mampu bergerak lebih cepat.

Prototype Robot Penyelamat

Catbot-Robot-Penyelamat-Manusia-1

Pengembangan catbot ini tidak hanya untuk memberikan sumbang sih pada kemajuan teknologi biomekanik saja. Para peneliti catbot juga memiliki harapan agar kelak robot ini dapat digunakan dalam misi penyelamatan. Seperti yang diketahui, saat ini memang telah ada beberapa robot yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Berkat robot, manusia dapat melakukan hal-hal yang terlalu berbahaya untuk manusia atau sulit dilakukan oleh manusia. Namun hingga saat ini memang masih belum banyak dikembangkan robot yang memang difokuskan untuk melakukan aksi penyelamatan. Jika catbot ini selesai, maka keberadaan teknologi robot sebagai penyelamat manusia akan menjadi semakin dekat.

Saat ini sebagian besar robot bipedal ataupun robot yang menggunakan mekanik kaki memang memiliki kelemahan yang sangat serius terutama dalam hal kecepatan gerakan. Jika dibandingkan dengan robot lain di kelasnya, catbot ini memang lebih unggul dalam hal kecepatan. Bahkan saat dilakukan percobaan, catbot mampu berlari hampir 7 kali ukuran tubuhnya per detik. Ini memang merupakan satu terobosan baru. Akan tetapi jika dibandingkan dengan kucing asli, catbot memang masih lebih lambat. Meski demikian, bukan hal yang mustahil jika kedepannya akan ada teknologi hasil pengembangan dari catbot yang tentunya memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dan sangat layak untuk dijadikan sebagai Robot penyelamat manusia.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *