Cara Kembalikan File Tersembunyi Pada Flashdisk Karena Virus

By on January 13, 2014
5. Cara Kembalikan File Tersembunyi pada Flashdisk karena Virus 1

Anda tentu pernah mengalami kejadian di mana ada beberapa file di flashdisk Anda yang tak ditampilkan saat Anda menggunakan flashdisk.Kasus seperti ini biasanya terjadi karena flashdisk Anda terjangkit virus. Padahal sebenarnya secara sistematis file-file Anda yang Anda pikir hilang tidaklah hilang melainkan viruslah yang menyembunyikan file-file Anda. File-file yang disembunyikan oleh virus masih ada di dalam flashdisk Anda. Lantas bagaimana cara mengembalikan file-file yang disembunyikan oleh virus di flashdisk? Berikut informasinya untuk Anda.

1. Bersihkan terlebih dahulu flashdisk Anda dari virus dengan cara melakukan scanning. Pastikan bahwa flashdisk Anda telah bersih dari virus.

2. Lakukan Disable antivirus Anda untuk sementara. Tujuannya agar tak mengalami bentrok saat sedang melakukan step berikutnya.

3. Silahkan buka CMD dengan cara buka Start pada komputer Anda lalu klik Run. Sesaat kemudian akan muncul tab Command Prompt.

4. Pada tab Command Prompt silahkan Anda ketik ‘attrib-s-h F:- /s/d, pada huruf ‘F’ silahkan Anda ganti dengan Letter path.

5. Jika Anda sudah selesai mengetik beberapa huruf dan simbol seperti yang ada di step sebelumnya, kemudian silahkan Anda klik Enter.

6. Pastikan Anda melihat tulisan/ notifikasi untuk melanjutkan setelah Anda tekan ‘Enter’. Setelah Anda menekan ‘Enter’ Anda akan hanya akan melihat Letter C:\ lagi. Letter tersebut menunjukan bahwa Anda telah sukses melakukan proses pengembalian file-file yang sebelumnyadisembunyikan oleh virus yang menjangkiti flashdisk Anda.

hidden files, flashdisk, virus, command prompt, komputer

Bagaimana, sangat mudah, bukan? Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus meminta bantuan seseorang yang ahli menghilangkan virus pada flashdisk. Virus yang berhasil menjangkiti flashdisk tak boleh terus dibiarkan saja tanpa adanya penanganan karena sangat berpotensi merusak file-file penting yang ada di dalam flashdisk Anda. Virus-virus yang ada di dalam flashdisk tak hanya akan merusak file-file yang tersimpan pada flashdisk saja, melainkan juga dapat berpindah dan menjangkiti file-file lainnya yang ada di PC atau laptop. Virus-virus ini dapat pindah ke laptop atau PC Anda melalui kontak langsung dari flashdisk ke laptop atau PC.

Saat folder yang tersimpan dalam flashdisk positif terjangkit virus  dibuka melalui laptop atau PC Anda, secara otomatis virus akan tersebar hanya dalam hitungan detik ke PC atau laptop Anda. Virus yang sudah berhasil masuk ke dalam sistem kemudian akan membuat folder baru. Biasanya folder yang sebenarnya virus tersebut memiliki nama folder yang sama dengan nama beberapa folder yang ada di program komputer/ laptop Anda. tak heran jika Anda bisa bingung dengan isi laptop atau PC Anda karena terdapat beberapa folder dengan nama kembar. Saat Anda memilih dan men-double klik folder yang salah (folder yang berisi virus), virus kembali akan menyebar dan menjangkiti folder-folder lainnya. Dan begitu seterusnya.

hidden files, flashdisk, virus, command prompt, komputer

BACA JUGA:

Hati-Hati, Jebakan Malware Kini Di Yahoo

Menginstal Versi Windows 8 Di Macbook Air

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *