Bug Komputer yang paling Sering Diincar para Hacker

By on August 1, 2013
85.-Bug-Komputer-yang-paling-Sering-Diincar-para-Peretas_1

Tingkat penggunaan komputer yang semakin tinggi merupakan salah satu indikasi bagi perkembangan kejahatan berbasis komputer. Hal ini terlihat semakin jelas pada saat Android sedang booming. Pada saat itu ada begitu banyak virus dan upaya hacking terhadap perangkat Android. Hal ini tentu membuat para pengembang Android untuk berpikir lebih keras demi meningkatkan keamanan platform robot hijau ini.

Resiko yang sama juga terjadi pada para pengguna komputer. Meski ancaman ini begitu tinggi dan sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu, kejahatan dunia maya melalui hacking komputer seakan tidak pernah hilang. Pada umumnya para hacker menggunakan port komputer untuk masuk ke dalam sistem komputer. Namun tahukah Anda port mana saja yang biasanya digunakan oleh para penjahat cyber untuk menembus keamanan komputer?

Serangan Hacking Berawal dari Port yang Terbuka

Bagi yang belum tahu apa itu port, port ini sebenarnya merupakan pintu masuk ke dalam sistem komputer. Fungsi asli dari port ini sebenarnya untuk membantu sistem ataupun pengguna dalam melakukan komunikasi. Namun di tangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab port tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan hal-hal buruk. Namun dari sekian banyak port logic komputer, hanya ada beberapa port saja yang biasa digunakan oleh para hacker untuk menembus keamanan sistem komputer.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Akamai Technology, serangan cyber semakin meningkat. Bahkan serangan yang berasal dari Indonesia kini menduduki peringkat kedua setelah China. Namun belum bisa dipastikan apakah serangan tersebut memang murni datang dari hacker ataupun cracker Indonesia karena bisa saja hacker dan cracker negara asing menggunakan teknik seperti IP Spoofing untuk menyembunyikan alamat IP aslinya. Dari data yang berhasil dikumpulkan oleh Akamai Technology, tampak bahwa serangan terbesar memanfaatkan port 445 atau port Microsoft DS untuk melakukan serangan.

Port yang paling sering jadi Incaran para Hacker

85.-Bug-Komputer-yang-paling-Sering-Diincar-para-Peretas_2

Selain port 445, port 80 yakni port www http juga menjadi salah satu jalur masuk paling populer di kalangan para hacker. Hal ini memang sangat wajar terlebih mengingat bahwa port tersebut memang merupakan port yang sering digunakan saat pengguna sedang surfing di dunia maya. Karena itulah port ini akan selalu terbuka.

Setelah mengetahui port-port yang paling sering dimanfaatkan oleh para hacker untuk melakukan aksinya, Anda juga akan mengerti bagaimana sebenarnya cara kerja para hacker. Salah satu cara untuk mempertahankan diri dari ancaman kejahatan cyber adalah dengan menutup port-port yang jarang digunakan dan membukanya hanya pada saat Anda membutuhkannya saja.

Akan tetapi cara ini akan terasa cukup merepotkan terlebih untuk para pengguna yang masih cukup awam. Namun jika Anda menginginkan solusi pengamanan yang lebih sederhana dan mudah untuk diterapkan, Anda dapat memilih untuk menginstall aplikasi keamanan seperti aplikasi antivirus hingga internet security.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *