Better Re, Power Bank Ramah Lingkungan

By on May 17, 2015
better_re_battery_pack_4

Setelah baterai smartphone kita dianggap sudah rusak, kebanyakan baterai bekas ini akan berakhir di tempat sampah. Tapi tahukah anda kalau baterai bekas yang awalnya hanya sampah ini bisa didaur ulang untuk membuat sebuah Power Bank?

Hal inilah yang sekarang ini coba dilakukan produsen pembuat produk yang bernama Better Re, Yat merupakan sebuah produk Power Bank dengan tenaga yang berasal dari baterai bekas. Hingga saat ini, si pembuat Better Re ini masih mengumpulkan dana di situs Kickstarter untuk membuat produk ini bisa diproduksi secara massal.

Seperti dilansir dalam iDigitalTimes, Kiyong Shin, selaku pencipta Better Re, menyatakan jika baterai bekas sebenarnya masih bisa digunakan sebagai sumber tenaga lainnya. Shin menyatakan kebiasaan membuang baterai ini sangat ironis, di saat kita semua membutuhkan baterai yang banyak, kita malah membuangnya begitu saja karena dianggap sudah rusak.

Diakui Shin, pada dasarnya tiap produk smartphone memiliki jenis baterai yang berbeda. Untuk itu, baterai tersebut hanya bisa digunakan untuk tipe smartphone tertentu saja, sesuai dengan merek dan seri yang sama. Untuk itu, Better Re sendiri hanya menggunakan material baterai bekasnya saja sebagai baterai daur ulang.

Tidak hanya itu, setiap baterai pun memiliki bagian kontak listrik yang hampir sama. Hal inilah yang akhirnya membuat Shin membuat semacam klip universal yang bisa digunakan untuk mengalirkan listrik dari aneka macam baterai sesuai dengan kebutuhan gadget yang anda gunakan. Dengan teknik ini, Shin menjamin jika Better Re akan lebih praktis dan ramah lingkungan.

Better Re

Istimewanya lagi, Better Re sendiri sangat mudah digunakan. Anda tinggal memasang dan mengganti sendiri baterai bekas smartphone tersebut dalam power bank. Kalau diibaratkan, penggunaan Better Re sendiri seperti mengganti tinta dalam pulpen.

Lebih lanjut lagi, Shin menjelaskan jika di Amerika sendiri, hampir 70 persen limbah berbahaya ini berasal dari sampah-sampah elektronik yang dibuang oleh penggunanya. Untuk itu, dengan menggunakan Better Re sebagai alternatif daya daur ulang, Shin meyakini jika Better Re akan mampu membantu mengurangi jumlah sampah elektronik.

Tidak hanya itu, Better Re sendiri dibuat dengan bahan-bahan yang sangat ramah lingkungan, sebut saja aluminium daur ulang, kayu dari pohon walnut dan maple dan berbagai bahan ramah lingkungan lainnya. Hingga saat ini, Better Re sudah mengumpulkan dana lebih dari USD 35 Ribu, dari target pertamanya sebesar USD 50 Ribu.

Bagaimana, tertarik untuk ikut membiayai Better Re?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *