Baterai Anggur dan Baju Pintar dari Intel

By on September 16, 2013
Baterai Anggur dan Baju Pintar dari Intel

Pastinya semua orang penasaran dengan teknologi yang akan digunakan di masa depan. Untuk saat ini saja penggunaan teknologi yang digunakan juga sudah terbilang sangat canggih.  Perusahaan semikonduktor Intel ini rencananya akan membuat perangkat teknologi yang jauh lebih personal, aman, dan tentu saja menyenangkan. Dalam sebuah acara Intel Development Forum atau disingkat IDF di San Fransisco, perusahaan Intel, yang baru saja mengenalkan prosesor terbaru, Quark, ini akan memamerkan sejumlah perangkat teknologi canggih masa depannya.

Salah satu perangkat teknologi intel yang menarik adalah baju pintar yang nantinya akan dipakaikan pada tubuh manusia. Perangkat baju pintar ini disebut wearable device. Genevieve Bell,  seorang Director of Interaction and Experience Research di Perusahaan semikonduktor Intel mendemonstrasikan baju pintar ini di depan public. Baju pintar ini berupa jaket yang dirancang khusus untuk pesepeda. Baju pintar khusus untuk pesepeda ini didesain oleh Berlin Fraunhofer Institute for Realibility and Microintegration.

Ada banyak hal yang unik dari baju pintar ini. Baju pintar ini dilengkapi dengan papan sirkuit yang dilapisi kain. Pada bagian punggung jaket dibekali dengan lampu LED bulat kecil. Lampu LED ini akan berkedip warna merah jika sepeda sedang direm.

Perangkat unik dan canggih lainnya yang diciptakan oleh perusahaan semikonduktor Intel adalah baterai anggur. Anggur yang satu ini bukan sembarang anggur. Penemuan anggur ajaib ini dimaksudkan untuk mencari baterai/ sumber daya yang dapat menopang daya rendah perangkat-perangkat yang ada. Untuk masa depan dibutuhkan perangkat dengan konsumsi daya rendah. Bahkan perangkat masa depan sebaiknya memiliki daya konsumsi berdaya rendah bahkan lebih rendah daripada saat ini.

Jadi anggur baterai ini adalah hasil eksperimen untuk menjawab pertanyaan soal perangkat untuk masa depan yang membutuhkan daya yang lebih rendah. Anggur baterai ini berperan sebagai  baterai di mana baterai ini terbuat dari minuman anggur dan gelas. Pada saat didemonstrasikan, Bell  terlihat menyiapkan sebuah gelas yang sudah dipasang dengan sepasang elektroda. Saat anggur dituangkan ke dalam gelas, Bell kemudian dapat menyalakan perangkat komputer sederhana yang sudah dilengkapi dengan processor, jaringan nirkabel, dan akselerometer.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *