Apple akan Berusaha untuk Semakin Terbuka

By on June 5, 2013
Apple-akan-Berusaha-untuk-Semakin-Terbuka-1

Hingga saat ini Apple memang dikenal sebagai salah satu perusahaan yang sangat tertutup. Sebelum proyek yang mereka kerjakan benar-benar selesai dan sukses, Apple tidak pernah membicarakan mengenai produk-produk yang tengah mereka kembangkan. Bahkan jika ada pegawainya yang sampai ketahuan membocorkan informasi ke publik, hampir bisa dipastikan bahwa orang tersebut akan segera dipecat. Namun tampaknya sifat tertutup Apple ini tidak akan bertahan lama. Menurut pernyataan Tim Cook selaku CEO Apple, ke depan Apple, yang baru saja menerapkan sistem verifikasi dua lapis,  akan semakin terbuka kepada publik. Meski demikian, tentu ada beberapa batasan mengenai keterbukaan yang dimaksud.

Aplikasi iOS Versi Android

Saat ini beberapa aplikasi memang ada yang hanya tersedia pada iOS saja. Kalaupun ada yang tersedia pada platform lain seperti Android, itu semua karena keinginan pengembang secara pribadi untuk mengembangkan aplikasi untuk platform lain. Aplikasi yang tersedia di platform iOS memang dikenal sangat kreatif. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan Apple yang sangat ketat dalam meloloskan aplikasi yang bisa masuk ke dalam App Store. Hal ini terkadang membuat pengguna platform lain seperti pengguna Android merasa iri. Namun seakan menanggapi hal tersebut, Apple mengaku tidak akan keberatan untuk memporting aplikasi iOS ke Android. Namun hal ini tentunya hanya akan dilakukan oleh Apple jika mereka memang telah menemukan alasan yang masuk akal untuk melakukan hal tersebut.

Kebijakan ini nantinya tentu juga tidak hanya berlaku untuk beberapa perangkat Apple saja. Produk-produk Apple lainnya tentu juga akan terkena imbas dari kebijakan ini. Namun hingga saat ini Apple belum menemukan alasan yang masuk akal untuk mengeluarkan kebijakan yang demikian. Hingga kini Apple masih belum menemukan alasan yang masuk akal untuk membuka aplikasinya kepada Android. Bahkan Tim Cook menyatakan bahwa hingga saat ini ia masih belum melihat alasan yang membuatnya berpikir untuk membawa layanannya ke platform Android. Bahkan ia tampak masih agak meragukan mengenai hal tersebut. Ia juga mengaku tidak tahu apakah nantinya Apple akan menemukan alasan yang cukup kuat untuk menyediakan layanan Apple untuk perangkat selain dari Apple.

Apple Tengah Mempertimbangkan Soal Modifikasi Home Screen

Apple-akan-Berusaha-untuk-Semakin-Terbuka-2

Seperti yang diketahui, saat ini modifikasi home screen iPhone memang masih terbatas pada penggantian wallpaper, membuat folder dan menggeser icon saja. Jika dibandingkan dengan Android, Android memang lebih terbuka bahkan siapa saja bisa melakukan modifikasi home screen dengan bebas. Hal ini terlihat dari beragamnya home screen yang dikembangkan oleh masing-masing vendor smartphone maupun tablet berbasis Android. Meski demikian, memang tetap ada beberapa hal yang harus tetap dipatuhi oleh para pengembang. Terkait dengan modifikasi home screen, tampaknya Apple tengah mempertimbangkannya. Ini adalah salah satu wujud keterbukaan yang ingin ditunjukkan oleh Apple.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *