Android dari Masa ke Masa

By on July 7, 2013
Android-dari-Masa-ke-Masa-1

Android merupakan sistem operasi khusus untuk gadget touchscreen, seperti tablet dan smartphone. Awal mula kehadiran sistem operasi Android yang awalnya dikembangkan oleh Android Inc. Lalu, pada tahun 2005 dibeli oleh Google. Penerapan OS ini membuat harga gadget menjadi lebih murah, dibandingkan dengan perangkat sejenis.

Kelebihan Android

Android begitu cepat populer dan digemari, karena berbagai kelebihan yang ditawarkan. Kelebihan secara eksternal, Android berada dalam naungan Google, berbasis open source (tidak berbayar) dan mendapat dukungan dari berbagai pabrikan smartphone ternama seperti Sony, Samsung, HTC, Toshiba, Asus dan Motorola.

 Sedangkan kelebihan Android secara internal yaitu mempunyai kemampuan multi-tasking (bisa mengakses berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan), perkembangan yang selalu update dan pilihan aplikasi yang beragam dari yang gratis sampai yang berbayar.

Perkembangan Android

 1.     Android 1.0 (Astro)

Versi ini dirilis pada tanggal 23 September 2008. HTC Dream menjadi smartphone pertama yang mengaplikasikan Android 1.0 ini. Fitur yang disediakan yaitu Android Market, Bluetooth, WiFi, YouTube, IM, media player, gallery, browser, folder, alarm clock, voice dialing dan notifikasi.

2.     Android 1.1 (Bender)

Versi ini dirilis pada tanggal 9 Maret 2009. Berbagai fitur diciptakan guna mendukung versi sebelumnya. Fitur itu adalah voice search, jam alarm, pengiriman pesan melalui Gmail, notifikasi email dan menyimpan pesan lampiran.

3.     Android 1.5 (Cupcake)

Versi ini dirilis pada pertengahan Mei 2009. Berbagai fitur baru bisa ditemukan dalam Android 1.5. seperti penampilan baru pada keyboard, widget yang bisa diterapkan pada home screen, merekam gambar, melakukan upload  video ke Youtube, upload gambar ke Picasa, copy dan paste, Bluetooth A2DP, auto-rotation dan sebagainya.

4.     Android 1.6 (Donut)

Hanya berselang tiga bulan, lahirlah Android 1.6 dengan codename Donut. Pada versi ini bisa ditemukan berbagai bugs yang bisa dipakai dan dukungan fitur lainnya, seperti fitur untuk mencari dengan cepat text dan audio, bisa diaplikasikan pada layar dengan resolusi WVGA dengan ukuran mencapai 800×480, dial kontak, VPN dan CDMA/EVDA.

5.     Android 2.0/2.1 (Eclair)

Versi ini dirilis pada tanggal 3 Desember 2009. Dalam Android 2.0 ditambahkan fitur yang support untuk pertukaran email, sinkronisasi multiple akun, Bluetooth 2.1, digital zoom, penampilan baru pada Android keyboard, mampu mengakses HTML5, tampilan dan optimasi yang lebih cepat. Tak berselang lama kemudian lahir Android 2.1 yang mempunyai berbagai bugs yang bisa digunakan.

6.     Android 2.2 (Frozen Yoghurt / Froyo)

Versi ini dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Perkembangan versi ini terjadi pada kemampuan menjalankan Adobe Flash Player 10.1, mampu menjalankan aplikasi lebih cepat dan bisa menyimpan aplikasi pada SD card.

7.     Android 2.3 (Gingerbread)

Android-dari-Masa-ke-Masa-2

Berselang tujuh bulan dari versi sebelumnya, lahirlah Android 2.3. Inovasi yang terjadi pada versi ini sangat menarik. Seperti warna yang semakin kaya pada screen 1280×768 bahkan lebih, kinerja dan performa yang kian meningkat, perbaikan fasilitas copy paste, disematkan Google Talk, SIP Internet calls, support Near Field Communication (NFC) dan penambahan efek audio.

8.     Android 3.0/3.1 (Honeycomb)

Versi ini diluncurkan pada Mei 2011. Pada versi ini dibuat spesial untuk perangkat tablet. Berbagai fitur diciptakan untuk mendukung layar yang lebih lebar dari sebelumnya, gambar yang sangat tajam dan multi prosesor. Secara tampilan jelas lebih keren, bila dibandingkan dengan versi pendahulunya.

9.     Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Versi ini diluncurkan pada 19 Oktober 2011. Berbagai fitur baru bisa Anda temukan, seperti suppor NFC, pencarian email secara offline, data usage, Thumbnail pada Multitasking, Holo Theme, tampilan kamera yang lebih menarik, penguncian dan notifikasi yang lebih keren.

10.  Android 4.1 (Jelly Bean)

Android versi ini diluncurkan pada 27 Juni 2012. Pada versi ini Anda akan menemui penampilan yang lebih lembut dan bagus, Google Wallet, Google Now, project butter, peningkatan kecepatan pada voice search, Bluetooth untuk transfer data, kepekaan Input teks yang lebih baik dan lainya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *