5 Virus Berbahaya yang Sering Menjangkiti Komputer Mac

By on July 28, 2013
5 Virus Berbahaya yang Sering Menjangkiti Komputer Mac--2

Tidak bisa dipungkiri bahwa ulah virus itu sangat merugikan sekali bagi komputer Anda karena ini akan menyebabkan komputer berfungsi secara abnormal. Apabila Anda memiliki laptop dengan OS Mac, maka Anda harus berhati-hati dengan beberapa virus dibawah ini karena besar kemungkinan virus tersebut akan mengobrak-abrik file dan aplikasi Mac Anda.

Virus Melissa dan Virus Concept

Pertama adalah Virus Melissa. Virus yang satu ini pertama kali ditemukan pada tahun tahun 1999 dan merupakan salah satu virus yang sudah menyebar dalam skala global. Hampir seluruh pengguna komputer Mac dari seluruh dunia yang sering menggunakan jaringan internet dan tidak melengkapi komputernya dengan antivirus akan terserang oleh virus berbahaya ini.

Virus Melissa sendiri juga sebenarnya diciptakan oleh David L. Smith. Virus ini akan menyerang langsung file document yang ada di Mac Anda sehingga membuatnya berfungsi secara tidak normal. Saking bahayanya virus ini sehingga membuat email server dari seluruh dunia menjadi terpaksa ditutup untuk sementara.

Kedua adalah Virus Concept. Virus tersebut merupakan jenis virus makro yang telah ditemukan sejak tahun 1995 dan menyebar dengan luas melalui Microsoft word. Virus ini juga berkeja dengan metode yang sama seperti virus Melissa diatas. Virus ini juga akan bisa menyebar luas dengan cepat apabila penggunanya sering menggunakan internet dan tidak sadar kalau file Wordnya terinfeksi.

Virus Concept juga akan mengakibatkan Anda harus menginstall ulang word Anda dan melakukan scan pada seluruh hardisk yang ada di komputer secara berkala. Hal ini harus dilakukan untuk mmemastikan bahwa tidak ada satupun virus yang bersembungi di file-file tersebut. Virus Concept sendiri bisa direcover dengan antivirus terbaru yang canggih.

Virus Michael Angelo dan Virus Brain

5 Virus Berbahaya yang Sering Menjangkiti Komputer Mac-1

Ketiga adalah Virus Michaelangelo. Virus yang satu ini juga menarik perhatian media di tahun 1991. Saat itu system operasi komputer banyak yang menggunakan Mac dan para penggunanya banyak yang merasa gerah akibat adanya virus pengganggu ini. Bahkan virus ini dirancang untuk langsung menginfeksi system DOS dari Mac Anda sehingga mengakibatkan kerusakan yang sangat parah nantinya.

Keempat, Virus yang berbahaya dan bisa menyerang komputer Mac adalah virus Brain. Virus yang terkenal dengan sebutan boot virus ini juga langsung menyerang file allocation DOS yang ada di Mac dan akan membuatnya berfungsi secara abnormal. Virus ini dibuat oleh dua saudara dari Pakistan dan mereka bekerja sama untuk membuat virus yang mampu mengganti system boot sector secara instan.

Kelima adalah Virus Leap. Bagi pengguna komputer Mac pastinya Anda sangat mengenal Virus yang satu ini. Virus Leap biasanya banyak ditemukan di komputer yang menggunakan media chatting iChat. Melalui media chatting tersebutlah, Virus Leap ini menyebar luas dan mengirimkan pesan ke semua kontak yang Anda miliki secara brutal.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *