2K Akan Hadir Sebagai Pasangan Huawei VR

By on April 27, 2016
2. 2K Akan Hadir Sebagai Pasangan Huawei VR 2

Pasar gadget Virtual Reality (VR) saat ini sedang sangat berkembang. Dan, ditengah ketertarikan para pengguna gadget dengan teknologi ini, banyak perusahaan yang mencoba untuk memanfaatkannya. Salah satunya adalah Huawei.

Perusahaan asal Tiongkok ini berhasil merilis gadget VR buatan mereka sendiri yaitu Huawei VR. Dan, tampaknya, mereka cukup serius dengan proyek VR ini. Salah satu buktinya adalah rencana Huawei untuk merilis ponsel baru yang dapat digunakan dengan gadget VR ini dengan sangat pas.

Ponsel terbaru dari Huawei ini nantinya akan dilengkapi dengan layar 2K. Rencana untuk merilis ponsel terbaru Huawei ini disampaikan oleh Head of Huawei Consumer Business, Richard Yu. Menurut Yu, ponsel dengan resolusi layar 2K ini dibutuhkan agar pengguna dapat menikmati tampilan Virtual Reality dengan lebih baik. Yu juga mengungkapkan bila Huawei saat ini juga sedang berusaha untuk mengembangkan inovasi baru dalam bidang teknologi untuk persiapan masuk pasar gadget VR dengan produk Huawei VR.

Yang menarik, keputusan Huawei untuk memproduksi ponsel pintar dengan layar 2K ini tidak sesuai dengan apa yang mereka ungkapkan beberapa tahun lalu. Pada saat itu, Yu mengatakan bila Huawei tidak membutuhkan ponsel dengan resolusi layar 2K.

Alasan yang dia kemukakan pada saat mengemukakan hal tersebut adalah karena perbedaan kualitas tampilan antara FHD (1080 x 1920) dan QHD (1440 x 2560) tidak terlalu berbeda. Apalagi, bila dilihat dari layar kecil seukuran layar Smartphone. Yu mengungkapkan mata manusia tidak akan bisa membedakan kualitas dari dua format tampilan ini. Alasan lainnya yang diungkapkan Yu adalah layar QHD lebih boros energi.

Tetapi, dengan keputusan Huawei untuk meluncurkan Huawei VR, tampaknya Yu harus menelan ludahnya sendiri. Pihaknya berencana untuk meluncurkan produk dengan kualitas tampilan terbaik untuk membuat pengalaman Virtual Reality dengan gadget ini menjadi lebih nyata.

Sayangnya ponsel yang saat ini tersedia dan dapat digunakan dengan Huawei VR adalah P9 dan P9 Plus yang baru diluncurkan pada 6 April lalu. Dan, kedua produk tersebut masih menggunakan layar dengan resolusi 1080 x 1920. Artinya, dengan layar yang belum mencapai 2K ini, maka tampilannya tidak akan sebaik produk lain yang sudah menggunakan resolusi lebih tinggi dari angka tersebut. Sebut saja, Samsung Gear VR yang dapat dipasangkan dengan Samsung Galaxy 7 yang sudah mendukung layar beresolusi 2K.

Meskipun begitu, adanya berbagai konten yang disertakan dalam produk Huawei VR ini terbilang sudah cukup menghibur dan mengobati tidak adanya resolusi 2K yang dapat digunakan. Terdapat 360 film maupun game yang dapat dimainkan dengan konsep Virtual Reality yang termasuk dalam bonus pembelian dari gadget Huawei VR ini.

Huawei VR

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *