2 Furniture Unik Yang Bisa Beradaptasi Sesuai Kebutuhan

By on July 30, 2014
2. Furniture Unik Yang Bisa Beradaptasi Sesuai Kebutuhan 2

Coba Anda bayangkan duduk pada sebuah kursi yang bisa berubah menjadi sofa yang empuk saat sore menjelang untuk bersantai atau Anda mempunyai furniture yang bisa berpindah dan menyingkir sendiri saat Anda berjalan melaluinya. Mungkin saat sekarang bayangan ini mustahil terjadi, namun jangan salah karena suatu saat di masa depan semua hal tersebut bisa terjadi, apalagi saat ini telah dilakukan sebuah penelitian tentang hal tersebut.

Adalah sebuah institut teknologi milik pemerintah federal Swiss (EPFL) yang saat ini sedang meneliti dan mengembangkan sebuah teknologi biorobotic yang mampu merubah dirinya sendiri dan disebut dengan “roombots” yang mampu menyatu dengan segala material dan benda untuk menciptakan furniture unik yang bisa beradaptasi sendiri dan diperuntukan bagi kantor dan rumah.

Menurut direktur APFL, proyek tersebut adalah sebuah proyek kecil yang ia lakukan di Lab miliknya untuk membuat furniture pintar yang dapat berubah bentuk dan fungsinya secara natural. Dia berkata bahwa mereka mendesain Roombots untuk bergerang dan menyatu untuk menciptakan variasi element termasuk meja dan kursi yang terdapat didalam ruangan. Tujuan proyek ini adalah menciptakan furniture yang yang bisa dipergunakan berulang kali dengan berbagai cara.

Desain yang diciptakan meliputi modul Roombot yang digambarkan seperti dua buah dadu yang menyatu menjadi satu. Selain itu, modul juga mempunyai sebuah baterai dengan tiga buah motor untuk pergerakan dan perputaran dan koneksi nirkabel. Setiap modul hanya berukuran 22cm dan sejumlah modul, katakanlah 10 modul yang bergabung mampu menciptakan berbagai jenis furniture.

Roombot tersebut akan digabungkan dengan material yang pasive antara lain permukaan meja atau taplak untuk menciptakan hasil akhir yang luar biasa. Furniture unik yang bisa berubah bentuk dan fungsi ini sangat berguna tidak saja untuk mengisi dan menghiasi ruangan, namun juga sangat berguna bagi orang tua yang berjalan dengan sebuah walker. Furniture tersebut akan berpindah dengan sendirinya ketika orang tua tersebut akan lewat sehingga mempermudah jalanya dan mengurangi resiko kecelakaan. Atau bisa juga furniture tersebut mengikuti dari jarak dekat agar lebih mudah ketika ingin duduk.

Sampai saat ini tim proyek kursi unik yang pintar ini telah berhasil membuat beberapa modul untuk berinteraksi dengan dikontrol oleh algoritma komputer. Dalam penelitian mereka, para anggota tim bermimpi bahwa mereka akan bisa memperbaiki interaksi antara manusia dan robot dengan menambahkan beberapa kamera untuk melacak posisi manusia yang akan duduk dan juga teknologi voice recogintion yang bisa dipergunakan untuk memerintah kursi dengan suara.

Desain furniture unik yang dibuat ini masih terbatas pada penggunaan di rumah saja, namun tidak tertutup kemungkinan akan dikembangkan untuk kebutuhan yang lain. Jadi jika Anda tertarik, tunggu saja sampai furniture ini dibuat secara massal.

furnitur unik, furniture, meja unik, meja belajar

BACA JUGA:

Google Glass 2 GB Bikin Galau

Apple iWatch Dalam Uji Coba Atlit Profesional

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *