Steve Wozniak: Sang Inventor Teknologi

By on June 19, 2014
1. Steve Wozniak, Sang Inventor Teknologi 1

Anda familiar dengan tokoh yang bernama Steve Wozniak? Bagi anda yang hobi atau berkecimpung di dunia teknologi mungkin sangat familiar dengan tokoh ini. Beliau bersama-sama dengan Steve Jobs serta Ronald Wayne mendirikan Apple sekitar tahun 1967. Pria kelahiran 11 Agustus 1950 ini menjadi orang yang berperan penting dalam menciptakan teknologi komputer modern di tahun 1970-an. Dua buah komputer garapan pertamanya ia beri nama Apple 1 dan Apple 2 yang dibuat pada tahun 1970-an. Dua buah unit komputer ini tentunya menjadi pioneer terciptanya revolusi micro-computer. Dari kecil, Woz, sapaan akrab Steve Wozniak, sudah sangat tertarik dengan benda-benda elektronik. Ia pun kemudian mengambil studi yang lebih banyak mengkaji tentang hal-hal yang berkaitan dengan elektronik. Meski ia bukanlah siswa populer, ia mampu lulus dari kuliah dengan predikat yang cukup memuaskan. Pasca lulus dari kuliah, Woz lalu menyalurkan ilmu yang ia dapatkan dengan bekerja di di perusahaan elektronik.

Apple memang menjadi salah satu brand teknologi yang sangat populer hingga saat ini. Kepopuleran nama Apple ini tak bisa lepas dari pengaruh tangan dingin pria yang bernama asli Stephen Gary Wozniak dan parternya yang kini sudah mendahuluinya, Steve Jobs. Keduanya bertemu berkat Bill Fernandez. Tak lama kemudian, Jobs dan Woz sepakat bekerjasama untuk membentuk sebuah perusahaan yang waktu itu diberi nama Apple Computer yang kini diubah namanya menjadi Apple Inc. Perusahaan Apple Computer ini resmi didirikan pada tanggal 1 April 1967. Karena Woz sudah mantap dengan perusahaan baru yang didirikan bersama Jobs, ia lalu memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannnya di Perusahaan Hewlett-Packard yang sekarang terkenal dengan nama HP.

Jobs dan Woz memiliki tugas sendiri-sendiri. Jobs kebagian pekerjaan di bidang pemasaran, sedang Woz  fokus di bidang penciptaan produk. Karya pertama Woz berupa perangkat komputer yang diberi nama Apple I. Perangkat komputer Apple I ini ia buat di kamar dan garasi mobil Steve Jobs. Berkat skill yang dimiliki oleh masing-masing tokoh pendiri Apple, peluncuran produk pertama Apple terbilang sangat sukses. Selang 12 tahun kemudian, Woz memutuskan untuk mengundurkan diri dari Apple Inc, tepatnya pada tahun 1987 di Bulan Februari. Usai pengunduran-dirinya, Woz  tetap aktif di berbagai bisnis. Sebut saja bisnis CL 9, yaitu sebuah perusahaan yang bertugas untuk menciptakan program kontrol jarak jauh/ remote di Weels of Suez (WOZ) dan Universal di tahun 2011.  Karyanya yang hingga kini masih dapat dinikmati adalah Wireless Technology GPS.

Woz juga dikenal sebagai seorang programmer dan teknisi komputer yang sangat mahir. Beliau pernah menulis autobiografi yang ia beri judul iWoz: From Computer Geek to Cult Icon: How I Invented the Personal Computer, Co-Founded Apple, and Had Fun Doing It.

stave wozniak, inventor teknologi, teknologi, sosok teknologi, gadget

BACA JUGA:

Kisah Perjalanan Hidup Penemu Mouse Komputer

Inspirasi Dari Pendiri Napster, Sean Parker

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *