Selayang Pandang Tim Cook

By on October 17, 2013
1.Selayang Pandang Tim Cook1

Jika Anda penggemar produk Apple, selain nama Steve Jobs, Anda mungkin juga cukup akrab dengan nama Tim Cook. Pria ini lahir dengan nama Timothy D. Cook di sebuah kota kecil Robertsdale di Alabama, Amerika Serikat tanggal 1 November 1960. Ia adalah anak tengah dari tiga bersaudara yang lahir dari pasangan Donald Cook yang adalah seorang pekerja galangan kapal dan Geraldine yang adalah seorang ibu rumah tangga.

Pendidikan formalnya ia dapat di Robertsdale High School dan menjadi lulusan terbaik kedua tahun 1978. Kemudian ia kuliah di Auburn University di Alabama dan lulus tahun 1982 dengan gelar sarjana teknik industri. Lalu melanjutkan pendidikan di Duke University’s Fuqua School of Business dan mendapatkan gelar Master of Business Administration tahun 1988. Ia juga mendapatkan helas Fuqua Sholar yang hanya diberikan pada mahasiswa yang lulus dengan pencapaian tertinggi di kelas yang hanya berjumlah sepuluh persen dari keseluruhan jumlah mahasiswa.

Karir Tim Cook diawali dengan bekerja di dunia teknologi komputer dengan bergabing bersama IBM dan karirnya mengalami peningkatan hingga menduduki beberapa jabatan strategis di perusahaan yang bergerak di bidang teknologi komputer ini. Setelah berkarir selama 12 tahun bersama IBM, ia menjadi chief operation officer untuk divis penjualan di perusahaan Intelligent Electronics. Setelah tiga tahun berkarir dengan perusahaan tersebut, ia menduduki jabatan vice president of corporate materials Compaq Computer Corporation.

Baru enam bulan di Compaq, ia kemudian memutuskan untuk meninggalkan jabatan tinggi yang dimilikinya dan pindah ke Apple. Tim Cook sendiri mengakui bahwa keputusannya untuk pindah ke Apple merupakan salah satu penemuan paling penting dalam hidupnya. Perjalanan karirnya bersama Apple tidak mudah karena ia bergabung dengan perusahaan ini pada awal 1988 sebelum Apple mengembangkan produk iMac, iPod, iPhone, maupun iPad yang kini menjadi primadona di pasar teknologi.

Perusahaan sedang mengalami penurunan pendapatan saat ia bergabung. Sebelum ia bergabung bahkan Michael Dell yang merupakan pendiri dan CEO Dell Computer menyatakan bahwa ia akan menutup perusahaan dan mengembalikan uang pada pemegang saham jika ia harus memperbaiki Apple.

Namun, Apple justru mengalami perbaikan setelah ia bergabung di jajaran pemimpin Apple. Ia menangani penjualan dan operasi Apple di seluruh dunia sekaligus bertanggung jawab atas layanan dan dukungan pengguna. Ia juga menjadi pemimpin perusahaan untuk divisi Macintosh dan strategi pengembangan hubungan supplier dan reseller. Alhasil Apple mendapatkan laporan pendapatan setahun setelah ia bergabung.

Nama Cook terdaftar sebagai CEO baru perusahaan Apple bulan Agustus 2011 untuk menggantikan posisi Steve Jobs yang merupakan CEO sebelumnya dan sekaligus pendiri Apple. Selain bekerja sebagai CEO, ia juga berada pada jajaran direksi perusahaan. Ia sempat dinobatkan sebagai orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes dan CEO dengan bayaran tertinggi menurut The New York Times.

1.Selayang Pandang Tim Cook3

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *