Selayang Pandang Larry Ellison

By on December 11, 2013
1.Selayang Pandang Larry Ellison1 - Copy

Ada banyak nama besar yang membawa pengaruh besar di dunia teknologi dunia. Anda tentu tidak lupa dengan Bill Gates yang sempat menukangi Microsoft. Anda tentu juga kenal dengan Steve Jobs yang meskipun sudah almarhum mempunyai nama besar yang tidak bisa dilupakan dengan produk Apple-nya. Selain itu, ada nama besar lain di dunia teknologi seperti Larry Ellison.

Ia lahir dengan nama lengkap Lawrence Joseph Ellison pada tanggal 17 Agustus 1944 di Manhattan, New York, Amerika Serikat. Publik mengenalnya sebagai salah satu pebisnis yang terkenal di Amerika yang mendirikan Oracle dan kini menjabat sebagai CEO perusahaan ini. Oracle sendiri adalah perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang pengembangan software.

Anda sempat mengenal Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Nah, Ellison rupanya juga sempat menduduki daftar orang keenam terkaya di dunia pada tahun 2010 dengan kekayaan pribadi mencapai 28 miliar dolar Amerika.

Ellison diadopsi oleh bibi dan paman ibunya di Chicago dan ia tidak mengenal ibu kandungnya hingga ia berusia 48 tahun. Ia bahkan tidak mengetahui identitas ayah kandungnya sama sekali. Setelah lulus dari sekolah dasar Eugene Field di Chicago Utara, ia melanjutkan pendidikan menengah di Sullivan. Ia sempat berhenti dari kuliahnya di University of Illinois karena ibu yang mengadopsinya meninggal meskipun kuliahnya sudah memasuki akhir tahun kedua. Setelah itu, ia masuk University of Chicago dan berkenalan dengan desain komputer untuk pertama kalinya.

Jika mendengar istilah Oracle, Anda mungkin memikirkan sesuatu yang ada kaitannya dengan CIA. Rupanya Oracle CIA dan Larry Ellison memang mempunyai hubungan karena ketika ia bekerja di Ampex Coporation sepanjang tahun 1970-an, ia sempat menangani proyek Oracle untuk CIA tersebut. Ia kemudian membangun perusahaan Software Development Laboratories tahun 1977 yang menjadi cikal bakal Oracle setelah namanya sempat berubah menjadi Relational Software Inc tahun 1979.

Perusahaan Oracle sempat mengalami kemunduran tahun 1990, tetapi kemudian perusahaan ini kembali bangkit. Selama perjalanannya jatuh bangun membangun perusahaan Oracle, ia harus menghadapi persaingan sengit termasuk dengan beberapa perusahaan besar seperti Informix Software dan Sybase yang menjadi rival sengit. Nah, Oracle rupanya mampu mengungguli kedua pesaing tersebut. Oracle bahkan semakin meningkatkan kekuatan dengan membeli Sun Microsystem bulan April 2009 demi bertarung dengan HP dan IBM.

Dengan uang berlimpah yang dimiliki oleh Larry Ellison lewat perusahaan Oracle-nya, rupanya ia juga tidak bisa dipisahkan dari kisah hidup yang cukup rumit terutama dari segi percintaan karena ia sempat empat kali menikah dengan tiga pernikahan pertama yang berakhir pada perceraian. Namun, kisah yang mungkin paling dikenal dari Ellison adalah persahabatannya dengan Steve Jobs karena Ellison-lah yang meyakinkan Jobs untuk kembali ke Apple.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *