Sekilas Tentang Irwin M Jacobs

By on January 22, 2014
1.Sekilas Tentang Irwim M Jacobs1

Teknologi datang silih berganti dengan berbagai inovasi maupun perbaikan mengenai teknologi yang lama. Tidak bisa dipungkiri bahwa pasti ada satu tokoh yang berada pada masing-masing perkembangan teknologi yang ditawarkan kepada masyarakat. Seiring dengan semakin luasnya pengguna ponsel pintar, Anda mungkin sudah mengenal Qualcomm yang merupakan perusahaan yang dimulai dari bawah dan hingga kini terkenal dengan produk chipset yang semakin banyak digunakan oleh vendor untuk mendukung produk ponsel pintar.

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah snapdragon yang merupakan salah satu produk Qualcomm yang sudah berdiri sejak lama dengan awal sebagai perusahaan yang mampu mempopulerkan produk teknologi CDMA yang membawa perubahan cukup berarti di dunia telekomunikasi. Anda kemudian mungkin mempunyai tanda tanya besar mengenai sosok yang berada di balik kesuksesan Qualcomm ini.

Adalah Irwin M Jacobs yang merupakan salah satu pendiri perusahaan yang mempunyai markas di San Diego, California. Sebagai salah satu tokoh yang memberikan kontribusi yang besar untuk perkembangan teknologi informasi, Jacobs memang merupakan ahli teknologi yang mempunyai bakat di bidangnya dengan gelas doktor dari Institut Teknologi Massachussetts. Namun, sebelum menjadi sesukses saat ini, ia pertama kali berkarir sebagai asisten profesor dan karirnya semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Setelah mengabdi cukup lama di almamater serta menorehkan berbagai penghargaan, ia kemudian mendirikan perusahaan dengan fokus utama di bidang telekomunikasi. Qualcomm merupakan perusahaan yang dilahirkan semenjak Juli 2005 tak hanya oleh Jacobs melainkan juga beberapa rekannya yang lain. Pada awal pendirian, perusahaan ini berada di La Jola, California dengan Jacobs yang menduduki posisi CEO.

qualcomm, irwin M jacobs, gadget, teknologi,

Tahun pertama Qualcomm berfokus pada teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) yang kala itu masih berada pada tahap pengembangan. Kesuksesan CDMA ini mampu membuat pamor Qualcomm melonjak naik apalagi ketika pemerintah Amerika Serikat mengadopsi teknologi ini  tahun 1993 di dunia seluler. Setelah itu, Qualcomm juga meluncurkan produk CDMA pertama satu tahun setelah pendirian dan produk CDMA dual band lima tahun selanjutnya.

Irwin M Jacobs jelas mempunyai andil yang besar seiring dengan melonjaknya pamor Qualcomm. Sistem GPRS dan GSM dianggap belum apa-apa dibandingkan dengan sistem HSDPA produksi Qualcomm. Chipset terkenal yang digunakan oleh banyak ponsel pintar saat ini diberi nama Snapdragon dan diluncurkan tahun 2007 dan menjadi chipset andalan untuk produk ponsel pintar khususnya yang mempunyai sistem operasi Android.

Kemunculan Snapdragon yang fenomenal justru tidak dihadiri oleh Irwin M Jacobs yang saat itu tidakk lagi bekerja sebagai CEO dan memilih untuk bekerja sebagai anggota dewan direksi untuk memberikan kesempatan pada generas baru yang lebih kreatif. Ia benar-benar resmi mundur dari perusahaan tahun 2012. Ia juga mendapatkan penghargaan termasuk dari IEEE Medal of Honor 2013.

qualcomm, irwin M jacobs, gadget, teknologi,

BACA JUGA:

Biodata Programmer dan Pendiri eBay Pierre Omidyar

Hacker Indonesia Jim Geovedi Yang Mendunia

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *