Profil Jerry Yang, Salah Satu Pendiri Yahoo! Inc.

By on October 24, 2013

Jerry Yang merupakan pengusaha kelahiran Taiwan, keturunan Cina yang memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat. Jerry Yang merupakan salah satu pendiri Yahoo! Inc. David Filo dan Jerry Yang membangun Yahoo! Inc. pada tahun 1995 setelah pada tahun sebelumnya, April 1994 Jerry membuat Yahoo! Internet Navigation Guide.

Jerry Yang lahir di Taipei pada 6 November 1968. Pada usia dua tahun ia sudah ditinggal ayahnya yang meninggal. Pada usia sepuluh tahun ibunya membawanya pindah ke California, Amerika Serikat. Awalnya ia kesulitan hidup di sana karena kendala bahasa dan budaya yang baginya sangat asing.

Pemuda yang mengalami kesulitan itu adalah pekerja keras dan jenius. Terbukti setelah tiga tahun berada di Amerika, ia berhasil mengikuti Advanced Placement English class, kelas bahasa yang setara universitas untuk siswa SMA. Ia menyelesaikan SMA-nya di Piedmont Hills High School.

Setelah lulus SMA, Jerry Yang mengambil teknik elektro untuk kuliah sarjana, master, dan doktoralnya. Ia kuliah di Stanford, kampus yang mempertemukannya dengan David Filo. Keduanya kemudian membentuk direktori yang terdiri dari situs-situs lain pada tahun 1994. Setahun kemudian nama web tersebut diganti menjadi Yahoo!, nama yang menurut kedua pendirinya ini menyukai definisi umumnya. Yahoo! memiliki definisi tidak canggih dan kasar.

Awalnya Yahoo! Digunakan sebagai direktori web-web untuk keperluan iklan tetapi kemudian terus berkembang. Perkembangannya menyebabkan dua pencipta ini menunda studi doktoral mereka untuk mendirikan Yahoo! Inc. Sampai saat ini, Yahoo! Mengukuhkan dirinya sebagai direktori yang sangat populer dan paling banyak digunakan.

Sekarang ini persaingan internet sangat luar biasa tapi Jerry Yang dan David Filo berhasil mempertahankan keunggulan mereka. Yahoo Inc! telah membuat banyak fitur yang paling banyak diminati termasuk di antaranya adalahlayanan e-mail.

Jerry adalah orang yang mengawali karier-nya dari nol. Dia mengalami masa sulit  ketika harus menyesuaikan diri dengan Amerika. Ia bekerja keras sampai akhirnya mendirikan Yahoo bersama David Filo. Keberadaannya di Yahoo! Inc. telah membuatnya masuk dalam daftar orang kaya Forbes.

Pada tahun 2008, Jerry tercatat sebagai orang terkaya nomor 524 di Forbes dengan jumlah kekayaan 2,3 miliar dolar. Ia menjabat beberapa jabatan penting yaitu dewan direksi untuk Yahoo Cisco System, Yahoo! Japan, dan Alibaba Group Holding Ltd. Selain itu, ia juga menjabat sebagai dewan pengawas Stanford University.

Jery menikah dengan gadis Jepang yang tumbuh besar di Puerto Rico. Keduanya bertemu saat Jerry mengikuti program luar negeri Stanford University di Kyoto pada tahun 1992. Pada tahun 2007, Jerry dan istrinya berjanji akan menyumbang Stanford University sebesar 75 juta dolar.

Saat ini istri Jerry Yang yang bernama Akiko Yamazaki tersebut juga bekerja di Cisco dan Stanford University. Jerry merupakan sosok miliarder yang menginspirasi yang telah bekerja keras untuk mencapai posisinya sekarang.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *