Perjalanan Hidup Penemu Laptop

By on November 7, 2013
1.Perjalanan Hidup Penemu Laptop1

Laptop sudah sangat mendunia dan seperti berperan sebagai barang pokok bagi sebagian besar orang. Tapi, tahukah Anda siapa sebenarnya penemu gadget yang satu ini? Ternyata, penemu laptop adalah seorang pria bernama Adam Osborne. Pria asal Amerika yang lahir pada 6 Maret 1939 bekerja sebagai pembuat dan penerbit software serta desainer komputer.

Karirnya semakin menanjak hingga ia bisa mendirikan beberapa perusahaan di Amerika bahkan di dunia. Masa kecilnya dihabiskan di Tamil Nadu, India Selatan. Kemudian, di usianya yang ke 11 tahun, Adam Osborne hijrah ke Inggris bersama orangtuanya yang memang berkewarganegaraan Inggris. Di bidang pendidikan, ia adalah sarjana muda di bidang teknik kimia dari Universitas Birmingham. Setelah itu, ia juga menuntaskan pendididikannya di Universitas Delaware dan mendapatkan gelar doktor.

Saat itu, ia sudah bekerja pada perusahaan minyak ternama Shell Oil tapi akhirnya mengundurkan diri. Ia justru sangat menikmati pekerjaan barunya sebagai penulis buku panduan. Buku panduan tersebut terutama adalah buku panduan mengenai perangkat komputer yang sedang ia kembangkan. Karena itu pula, di tahun 1970-an ia mendapatkan pekerjaan baru sebagai penulis buku panduan bagi mikroprosesor komputer, Intel.

Sekitar 2 tahun kemudian, ia memberanikan diri mendirikan Osborne and Associates. Perusahaan miliknya ini bergerak pada bidang penulisan buku manual komputer dengan mudah dan sederhana. Judul bukunya adalah “The Value of Power yang kemudian ia ubah menjadi“An Introduction to Microcomputers”.

Setelah ditolak oleh beberapa penerbit, ia akhirnya menerbitkan bukunya sendiri. Ternyata, buku karya Adam Osborne ini diminati oleh Bruce Van Natta salah seorang yang bekerja di perusahaan komputer terkenal di AS, AMSAI. Buku ini akhirnya disertakan pada setiap komputer IMSAI. Ide awal untuk membuat PC adalah ketika ia menulis di sebuah kolom untuk majalah komputer Interface Age dan Infowold.

Kala itu, Adam Osborne menuliskan jika komputer akan sangat berguna jika dibuat versi mobile atau bisa dibawa kemana-mana. Nantinya, pengguna bisa menggunakan komputer tersebut kapan dan dimana saja. Untuk fokus pada idenya tersebut, Osborne menjual perusahaanpenerbitannya dan mulai merancang komputer yang portable, mudah digunakan serta kuat.

Untuk mewujudkan impiannya tersebut ia juga bergabung dengan Lee Felsenstein, seorang ahli dalam mendesain papan sirkuit untukprosesor. Akhirnya, Adam Osborne berhasil membuat komputer pertamanya yang diberi nama Osborne 1 pada acara West Coast Computer Faire pada bulan April 1981. Komputer tersebut merupakan komputer pertama dengan harga software $1.795.

Osborne 1 benar-benar meledak dan bahkan menjadi PC yang paling laris dengan penjualan tertinggi 10.000 unit per bulan. Penjualanmeningkat di tahun kedua yang mencapai 70 juta dollar bahkan IBM dan Apple sangat resah.

Tanpa ada alasan yang jelas, perusahaan milik Adam Osborne bangkrut setelah penjualan produk kedua, Executive tidak seperti yang diharapkan. Sayangnya, ia menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 18 Maret 2003 di Kodaikanal, India.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *