Oracle Ternyata Didirikan Oleh Orang Yang Tidak Lulus Kuliah

By on March 19, 2014
Industry Leaders Address Oracle Software Conference

Ternyata banyak sekali perusahaan-perusahaan teknologi dan perusahaan yang beromzet paling banyak didunia yang didirikan oleh orang-orang yang tidak lulus kuliah. Sebut saja salah satunya adalah Bill gates, Mark Zuckerberg, Steve Jobs dan tentu saja Larry Ellison, sang pendiri Oracle. Perusahaan Oracle adalah perusahaan piranti lunak yang sangat terkenal di dunia dan sang pendirinya juga termasuk orang yang berada di jajaran orang terkaya di dunia.

Larry Ellison memang tidak lulus namun ia sangat sukses berkat kerja keras yang ia lakukan sejak dulu kala. Kesuksesan Larry Ellison tidak terlepas dari masa kecilnya dimana ia hidup dalam suatu kondisi yang tak begitu bahagia. Sejak kecil, bahkan sebelum ia berusia setahun, Larry Ellison telah didiagnosis mengidap radang paru-paru dan kemudian ia hidup bersama paman dan bibinya di Chicago. Masa kecil Larry Ellison dihabiskan di sekolah dasar sampai sekolah tingkat menengah dan dikenal sebagai anak yang cerdas.

Lulus sekolah ia melanjutkan ke Universitas Illinois dan mengambil jurusan Fisika. Namun sayang ibu angkatnya meninggal dan ia harus berhenti kuliah untuk bekerja. Kemudian datang kesempatan kuliah di Universitas Chicage namun hanya satu semester ia bertahan dan harus keluar karena tidak punya biaya. Karena harus bertahan hidup, Larry Ellison akhirnya ia kursus komputer dan bekerja di Fireman’s Fund sebagai teknisi komputer. Sejak saat itu ia sangat tertarik dengan perangkat lunak.

android games, oracle, pendiri, kuliah, artikel

Karir orang yang tidak lulus kuliah memang tidak bisa diprediksi, Larry Ellison harus berpindah-pindah kerja dari satu kantor ke kantor lain sampai akhirnya ia bekerja di Ampex sebagai seorang programmer dan ia menemukan ide untuk menulis program SQL setelah membaca buku teori database relasional yang ditulis Edgar F. Codd. Konsep SQL yang ia bangun berhasil diintegrasikan ke dalam server dan ia menamakan proyeknya tersebut Oracle.

Tak berhenti begitu saja Larry Ellison akhirnya mendirikan perusahaan yang bernama Software Development Labs dengan modal hanya $2.000 saja dan hanya dibantu beberapa teman di Ampex. Perusahaan ini kemudian berubah menjadi perusahaan Oracle dan mendapat klien pertamanya adalah CIA yaitu dinas intelijen Amerika, Wright patterson Air Force Base dan juga IBM. Para klien pertama inilah yang membuat perusahaan Larry Ellison semakin terkenal.

Perusahaan yang didirikan oleh orang yang tidak lulus kuliah ini berkembang sangat cepat dan produk-produk yang dibuatnya kebanyakan adalah nondatabase-server. Selain itu produk-produk yang lain adalah aplikasi server seperti Web DB dan OAS, Development Tool speerti Oracle Devloper dan Oracle Designer, serta berbagai aplikasi semacam Oracle Apps. Berkat tangat dingin Larry Ellison perusahaan Oracle ini kemudian menjadi perusahaan software terbesar kedua setelah Microsoft milik Bill Gates.

android games, oracle, pendiri, kuliah, artikel

BACA JUGA:

Twitter Tidak Akan Ada Kalau Tidak Ada Jack Dorsey

Nat Brown, Pencetus XBox Dan Situs iLike.com

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *