Nat Brown, Pencetus XBox Dan Situs iLike.com

By on February 26, 2014
1. Nat Brown, Pencetus XBox dan Situs iLike.com 1

Tahukah Anda siapa pencipta iBox? Benar sekali, pencipta Xbox adalah pria asal Alaska yang bernama Nat Brown. Tak disangka Xbox kini sudah memasuki generasi ketiga. Suksesnya Xbox sudah pasti tak bisa terlepas dari pengaruh tangan dingin Nat Brown. Nat Brown berhasil menciptakan mesin konsol game pertama di dunia. Berkat dirinya, Microsoft tak hanya dikenal sebagai perusahaan penyedia software saja, melainkan juga sebagai produsen perangkat games. Hebatnya lagi Xbox kini menjadi pesaing utama konsol game Playstation besutan SONY. Penasaran lebih detail tentang Nat Brown? Berikut ini ada sedikit informasi seputar perjalanan seorang Nat Brown hingga ia menciptakan sebuah mesin konsol game dengan nama Xbox. 

Sebelum ia berkecimpung dalam karirnya sebagai pencipta Xbox, Nat Brown adalah seorang lulusan Harvard University. Ia lulus dari Jurusan ilmu komputer pada tahun 1992. Beliau sempat magang di Perusahaan Microsoft saat masih kuliah. Setelah lulus kuliah, Brown semakin menekuni pekerjaannya di Microsoft. Pria kelahiran tahun 1970 ini menjadi salah satu staff Divisi Microsoft Publisher. Pada saat itu, beliau bersama-sama dengan staff satu divisinya sedang mengerjakan proyek windows 3.1, Windows pengganti Windows 3.0 yang sangat terkenal itu. Tak hanya itu saja, Brown juga mendapatkan bagian tugas untuk menulis kode untuk perangkat 16-bit dan 32-bit. Ia menuliskan kode para kedua perangkat tersebut dengan menggunakan teknologi Component Object Model (COM) dan Object Linking dan Embedding (OLE). Kedua jenis teknologi ini memang sangat ia kuasai. Tak heran jika hasilnya sempurna. Berkat kinerjanya yang selalu baik, Nat Brown lalu diangkat menjadi seorang manajer program di tahun 1995.

nat brown, Xbox, iLike.com, gadget, teknologi

Awal Lahirnya Xbox

Tak lama setelah menjabat sebagai manajer program, Nat Brown kemudian diangkat lagi oleh Microsoft sebagai arsitek divisi sistem untuk proyek-proyek jangka panjang. Prestasinya kian diakui setelah beliau berhasil menciptakan COM+ yang saat ini dinamakan NET, C#,  dan CLR. Awal mulanya Brown menciptakan Xbox adalah pada saat Nat Brown mendapatkan proyek baru bersama sebuah tim yang ditugaskan untuk menciptakan mesin permainan pesaing Playstation 2. Proyek ini juga didukung oleh para petinggi Microsoft seperti Bill Gates dan Steve Balmer. Demi terciptanya perangkat permainan baru ini, Microsoft rela menggelontorkan dana sebesar satu miliar dollar AS. Dengan lahirnya Xbox, persaingan antar konsol games terlihat semakin ketat. Entah kenapa pasca rilisnya Xbox, Nat Brown memutuskan untuk mengundurkan diri dari Microsoft. Ia pun lebih sering terlihat bersama keluarganya.

Terciptanya iLike.com

Di tahun 2004, Nat Brown kembali aktif di dunia teknologi. Kali ini ia mendirikan sebuah perusahaan yang dinamakan iLike.com. iLike.com merupakan sebuah situs khusus penyedia unduhan musik. iLike.com ini dalam perkembangannya bisa dikatakan cukup sukses. Situs ini pun kemudian dibeli oleh MySpace pada tahun 2009. Hanya bertahan 3 tahun, situs ini kemudian tutup.

nat brown, Xbox, iLike.com, gadget, teknologi

BACA JUGA:

CEO Baru Microsoft Adalah Seorang India

George Robert Stibitz : Figure Penemu Komputer Digital Modern

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *