Mengenal Sosok Di Balik Foxconn

By on January 15, 2014
Terry Gou Tai-Ming

Mungkin Anda sering melihat atau bahkan memiliki gadget yang paling canggih abad ini yaitu semua iDevice yang dikeluarkan oleh perusahaan teknologi raksasa, Apple. Anda tentunya sering terkagum-kagum saat melihat uji tahan banting produk perusahaan ini yang meskipun dijatuhkan dari ketinggian 3 meter pun kerusakannya tidak seberapa bila dibandingkan produk lainnnya. Tentunya hal ini tidak akan terjadi apabila Apple tidak memilih perusahaan produsen yang bagus untuk memproduksi semua gadget yang ia keluarkan. Sudah sepantasnya jika Anda mengetahui tokoh besar di balik ketahanan gadget dari Apple tersebut dan memberikan acungan jempol kepada tokoh penting yang satu ini, yaitu Terry Gou.

Terry Gou adalah pemilik perusahaan Foxconn yang merupakan perusahaan yang dipercaya oleh Steve Jobs untuk memproduksi semua gadget yang ia buat. Tentunya Terry Gou telah melakukan hal yang luar biasa sehingga tokoh sebesar Steve Jobs pun mempercayainya untuk memproduksi gadget perusahaannya. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui perjalanan hidup tokoh besar ini sehingga bisa memotivasi Anda untuk terus berjuang dan mempelajari hal baru agar bisa sesukses Terry Gou. Anda jangan mengira hidup Terry Gou nyaman-nyaman saja karena sebenarnya dia pun tidak langsung menjadi pemilik perusahaan Foxconn ketika mulai merintis karirnya.

foxcnn, terry gou, smartphone, apple, steve jobs

Terry Gou yang lahir di Taiwan ini adalah anak sulung dari tiga bersaudara sehingga tentunya dia harus memberikan contoh yang baik bagi adik-adiknya. Pekerjaan pertama Terry Gou adalah menjadi buruh pekerja di pabrik karet dan kemudian ia mencoba beberapa pekerjaan lain mulai dari bengkel ban, hingga pabrik tanaman obat-obatan. Terry Gou yang terbiasa hidup disiplin sedari kecil karena ayahnya adalah seorang mantan polisi pun bekerja keras setiap hari hingga suatu hari ibunya bersedia memberikan modal baginya untuk memulai sebuah usaha. Dengan modal sebesar $7500 dari ibunya, Terry Gou mendirikan perusahaan Foxconn dengan 10 orang karyawan yang waktu itu bergerak di bidang pembuatan plastik untuk televisi.

Seiring dengan berkembangnya komputer, Terry Gou pun mengembangkan bisnis perusahaannya dengan memproduksi konektor PC. Dari sekedar pemilik perusahaan Foxconn, Terry Gou mengembangkan usahanya dan mendirikan pabrik Longhua Sains & Teknologi Park yang kemudian menjadi langkah awal bagi Terry Gou untuk bergerak di bidang manufaktur elektronik. Satu momen penting yang menjadi titik awal kesuksesan Terry Gou adalah ketika ia memproduksi motherboard untuk Intel pada awal tahun 2000an yang sukses besar sehingga banyak perusahaan besar yang mengajaknya bekerjasama. Sejak itulah nama Terry Gou makin dikenal dengan kemampuannya memberikan pencerahan di dunia teknologi sehingga Steve Jobs pun juga mempercayakan gadget gadget dari Apple untuk diproduksi oleh bekas buruh pabrik plastik seperti Terry Gou.

foxcnn, terry gou, smartphone, apple, steve jobs

BACA JUGA:

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Dengan Material Pesawat

HP Nokia Dual Sim Card 200 Ribuan

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *