Mengenal Sosok David Karp

By on May 24, 2013
Mengenal-Sosok-David-Karp-1

Eksistensi Tumblr memang sudah lama dikenal oleh para pengguna internet. Akan tetapi belum banyak orang yang mengenal orang dibalik kesuksesan Tumblr. Situs yang menjadi rumah bagi 105 juta blogger ini sebenarnya terbentuk atas gagasan dari David Karp.

Meski situs ini termasuk belum terlalu lama berdiri, akan tetapi nilainya sangat fantastis. Bahkan Yahoo membeli situs ini dengan harga USD 1,1 miliar. Angka yang sangat fantastis. Luar biasanya lagi Yahoo membayar dalam bentuk tunai. Hal ini sontak menjadikan David Karp menjadi salah satu orang terkaya di dunia dan secara otomatis membuatnya semakin dikenal oleh masyarakat.

Biodata David Karp

David Karp adalah pria kelahiran Manhattan, New York pada 6 Juli 1987. Di daerah inilah ia dibesarkan. Minatnya kepada dunia programming sudah terlihat sejak ia berusia 11 tahun. Pada usia tersebut ia sudah mulai belajar HTML dan merancang web. Masa kecil David Karp memang tidak seperti masa anak-anak lainnya. Saat ia masih kecil ia pernah bercita-cita untuk kuliah di Massachusetts Institute of Technology. Akan tetapi saat ia berusia 14 tahun ia sudah mulai merasa bosan dengan kehidupan sekolah.

Jika bertanya mengenai siapakah orang yang paling berpengaruh terhadap kesuksesan David Karp, ibunyalah jawabannya. Hal ini berawal saat ibu David, Barbara Ackerman memperkenalkan David dengan Fred Seibert. Pada saat itu ibu David mengajar anak-anak Seibert dan berteman baik dengan istrinya. Saat itulah ibu David menceritakan tentang anaknya yang sudah bosan dengan sekolahnya. Mendengar hal tersebut istri Seibert menyarankan ibu David untuk mempertemukan David dengan suaminya.

Akhirnya David datang ke kantor Seibert dan mengatakan bahwa dirinya ingin belajar soal engineering. Pada saat itu Seibert menerima David untuk magang sebagai asistennya. Akan tetapi pada suatu hari David datang ke kantor Seibert dan mengatakan bahwa dirinya drop out dari SMA.

Karena Seibert tahu bahwa david mengerti tentang HTML dan suka mengotak-atik komputer, akhirnya ia meminta David untuk membangun website untuk perusahaan barunya. Tidak hanya itu saja, David juga bercerita kepada Seibert tentang cara orang-orang akan menonton video di masa depan. Berkat wawasan yang dimiliki David tersebut akhirnya New York Network menjadi salah satu produk pertama dari iTunes dan akhirnya diakuisisi oleh Google.

Mengenal-Sosok-David-Karp-2

Sukses di Usia Muda

David Karp memang merupakan orang yang sangat cerdas, pendiam dan tertutup. Akan tetapi pada usia 18 tahun ia sudah menapaki dunia kerja. Bahkan ia sempat pergi ke Jepang untuk bekerja di sebuah startup yang bernama UrbanBaby. Pada tahun 2006 UrbanBaby diakuisisi oleh CNET Networks. Akan tetapi pada tahun yang sama David Karp mengundurkan diri dan membangun perusahaan konsultan sendiri yang ia beri nama Davidville. Salah satu proyek yang dikerjakan di Davidville adalah layanan blog yang menjadi cikal bakal Tumblr.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *