Mengenal Otak di Balik Windows 8

By on July 19, 2013
34.-Mengenal-Otak-di-Balik-Windows-8_1

Kehadiran Windows 8 memang telah mengubah banyak hal. Bahkan bisa dikatakan ini adalah awal perubahan besar yang digagas oleh Microsoft. Meski banyak menerima pro dan kontra, Windows 8 tetap merupakan satu gebrakan yang menggiring Microsoft ke platform yang lebih ramah dengan internet. Akan tetapi tahukan Anda siapa otak di balik Windows 8 ini?

Steven Sinofsky, ia adalah orang dibalik perubahan radikal pada platform Windows. Ia telah bergabung dengan Microsoft sejak bulan Juli 1989 sebagai seorang programmer. Namun sejak tahun 2009 ia menjabat sebagai Presiden Divisi Windows dan Windows Live Microsoft. Meski hingga saat ini Windows 8 masih belum mampu menuai kesuksesan sesuai dengan harapan, jika proyek Windows 8 ini memang berhasil maka besar kemungkinan bagi Steven Sinofsky untuk menjadi penerus Steve Ballmer sebagai CEO Microsoft.

Akan tetapi skenario di atas hanya terjadi jika Windows 8 memang berhasil. Jika skenario di atas tidak terjadi, maka yang terjadi justru sebaliknya. Bahkan lebih parahnya lagi ada kemungkinan Microsoft kehilangan pangsa pasarnya yang direbut oleh Apple dan Google. Padahal seperti yang diketahui, Apple dan Google lebih banyak menuai respon positif baik dari para pengguna maupun dari para pengamat teknologi.

Sinofsky sebelum di Divisi Windows dan Windows Live Microsoft

Sebelum menangani produk Microsoft yang bernama Windows, Sinofsky memang telah memiliki pengalaman yang panjang dalam pengembangan Office. Bahkan ia telah bertanggung jawab sebagai direktur manajemen program dan mendesain Microsoft Office 95. Microsoft Office 2000 hingga Microsoft Office 2003.

Peran sertanya pada pengembangan Microsoft Office tidak hanya berhenti pada Microsoft Office 2003 saja. Ia juga memiliki peran yang cukup penting pada pengembangan Microsoft Office 2007 yang terbilang mengalami kesuksesan besar di pasar global. Microsoft Office 2007 memang dikenal sebagai produk revolusioner karena melalui produk inilah Microsoft mulai mengenalkan user interface yang disebut dengan istilah Ribbon User Interface dan format penyimpanan file dokumen yang lebih efisien yakni .docx, .pptx, .xlsx dan masih banyak lagi.

Awal Kepemimpinan Sinofsky di divisi Windows dan Windows Live

34.-Mengenal-Otak-di-Balik-Windows-8_2

Awal kepemimpinan Steven Sinofsky pada divisi Windows dan Windows Live berawal pada tahun 2009. Namun pada awalnya ia mengembangkan produk Windows Live Wave 3 dan Internet Explorer 8. Tidak hanya itu saja, Steven Sinofsky juga ikut mengepalai pengembangan Windows Vista bersama Jon DeVaan dan Windows 7 pada tahun 2009. Melalui Windows 7 inilah Microsoft berhasil menuai keuntungan besar.

Menilik jenjang pendidikan Steven Sinofsky, pada 1987 ia menerima gelar sarjana sains dan gelar master ilmu komputer dari Universitas Massachusetts Amherst pada tahun 1989. Steven Sinofsky juga dinilai sebagai orang yang memiliki gaya berpakaian yang khas dengan sweater berkerah “V”. Selain itu Steven Sinofsky juga dikenal sebagai editor dari blog resmi Engineering Windows bersama dengan Jon DeVaan dan ikut mengawasi pengembangan layanan Outlook.com dan media penyimpanan data online yang bernama SkyDrive.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *