Mengenal Larry Tesler, Sang Penemu Fitur Copy Paste

By on March 19, 2016
Larry Tesler

Untuk anda yang terbiasa dengan aktivitas menulis atau kegiatan lainnya, fitur copy paste dinilai sangat berguna, terutama ketika anda ingin menduplikat atau menggandakan sebuah file atau program, tulisan, dan lainnya. Bahkan tanpa fitur ini, anda dipastikan akan kesulitan ketika akan menyakin sebuah tulisan.

Nah, kalau anda termasuk orang yang sangat bergantung dan merasa terbantu dengan adanya fitur copy paste dalam gadget, baik PC, Laptop atau bahkan smartphone, sudah selayaknya anda berterimakasih kepada Larry Tesler, seorang penemu fitur copy paste.

Lantas, siapa sih Larry Tesler itu?

Walaupun namanya jarang terdengar ke publik, tapi bagi pencinta teknologi, nama Tesler sudah pasti sangat dikenal. Pasalnya, dia merupakan seorang ilmuwan komputer yang bekerja di Xerox PARC sejak tahun 1970an. Xerox PARC sendiri merupakan pusat penelitian komputer di Paolo Alto, California.

Pada saat itu, Tesler tengah melakukan penelitian program Smalltalk-76, dimana program ini ankan difungsikan untuk menyimpan data teks ke dalam memori internal komputer. Disaat pengembangan program inilah Tesler kemudian menciptakan fitur copy paste.

Fitur tersebut pertama kali dimaksudkan untuk memotong bagian teks agar bisa dipindah ke bagian lainnya. Teknik copy paste sendiri pertama kali digunakan selama tahun 1973 hingga 1976 oleh Tesler dan rekannya untuk penyempurnaan bahasa pemrograman berkode Gypsy.

Setelah berhasil dengan fitur populer ini, Tesler kemudian pindah ke Apple Computer di tahun 1980. Di perusahaan ini Tesler diangkat menjadi ketua divisi pengembangan teknologi komputer, smapai akhirnya dia ikut berpartisipasi dalam pembuatan aplikasi komputer Mac.

Larry Tesler1

Kemudian di tahun 1997, sang ilmuwan hebat ini akhirnya hengkang dari Apple, dan melanjutkan petualangannya di dunia teknologi dengan menyebrang ke Amazon.com, smapai akhirnya terdampar di Yahoo, dengan jabatan sebagai wakil presiden.

Dan sekarang, diusia senjanya, sang penemu fitur copy paste ini sekarang menjadi kontraktor teknologi independen sambil menyebarkan virus ilmu coding yang dimilikinya kepada generasi muda Amerika, sambil berharap Tesler-Tesler muda segera menggantikan posisinya.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *